Abstrak
Syafrizal,Hubungan Antara Inovasi Pengawas dan Kepemimpinan Entrepreneur Kepala Sekolah Dengan Disiplin Kerja Guru Sekolah Menengah Atas Negeri Sanggar 13 Jakarta Timur. Tesis. Jakarta: Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. 2014. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan antara inovasi pengawas dan kepemimpinan entrepreneur kepala sekolah dengan disiplin kerja guru Sekolah Menengah Atas Negeri Sanggar 13 Jakarta Timur. Penelitian dilakukan dengan metode penelitian lapangan melalui survey, menggunakan kuisioner dan pendekatannya dengan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah Guru Sekolah Menengah Atas Negeri Sanggar 13 Jakarta Timur yang berjumlah 256 orang, dengan menggunakan rumus Slovin diapat jumlah sampel 156 orang. Dalam penelitian terdapat 3 hipotesis, yaitu terdapat hubungan positif antara: 1) inovasi pengawas dengan disiplin kerja guru 2) kepemimpinan entrepreneur kepala sekolah dengan disiplin kerja guru dan 3) inovasi pengawas dan kepemimpinan entrepreneur kepala sekolah secara bersama-sama dengan disiplin kerja guru. Ramalan hubungan dianalisis dengan menggunakan regresi sederhana dan regresi ganda. Hasilnya disimpulkan bahwa: 1) terdapat hubungan positif antara inovasi pengawas (X1) dengan disiplin kerja guru (Y) memperoleh persamaan regresi . = 62,172+ 0,539X1, koefisien korelasi ?Ïy1 = 0,632 pada taraf signifikansi ?¿ = 0,05. (2) terdapat hubungan positif antara kepemimpinan entrepreneur kepala sekolah (X2) dengan disiplin kerja (Y) memperoleh persamaan regresi . = 71,672+ 0,522X2 koefisien korelasi ?Ïy2 = 0,610, pada taraf signifikansi ?¿ = 0,05. (3) terdapat hubungan positif antara inovasi pengawas (X1) dan kepemimpinan entrepreneur kepala sekolah (X2) secara bersama-sama dengan disiplin kerja guru, memperoleh persamaan regresi regresi . = 46,853 + 0,363X1 + 0,321X2, koefisien korelasi ?Ïy.12= 0,705 pada taraf signifikansi ?¿ = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan ketiga hipotesis yang diuji terbukti. Implikasi dari penelitian bahwa disiplin kerja guru sangat dipengaruhi oleh inovasi pengawas dan kepemimpinan entrepreneur kepala sekolah, guru dalam melaksanakan tugasnya.