Abstrak
Dede Hidayat, Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja terhadap Disiplin Guru Madrasah Tsanawiyah (MTs) di Kota Singkawang.Tesis. Program Studi Magister Administrasi Pendidikan, Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Januari 2014. Tesis ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap disiplin guru Madrasah Tsanawiyah (MTs) di Kota Singkawang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif yaitu dengan mendapatkan data melalui penyebaran kuisioner yang dibagikan kepada sampel dalam penelitian ini, yaitu guru-guru Madrasah Tsanawiyah (MTs) di Kota Singkawang. Penelitian ini mengungkapkan hasil bahwa kepemimpinan transformasional kepala sekolah berpengaruh langsung positif sebesar 21,0 % terhadap disiplin guru Madrasah Tsanawiyah di Kota Singkawang. Kepala sekolah hendaknya memaksimalkan perannya sebagai leader untuk meningkatkan disiplin para guru dalam bekerja. Dia juga sebaiknya mengetahui kepribadian masing-masing guru, mendelegasikan sebagian tugas kepada guru yang dirasa mampu memikulnya dan melibatkan para guru dalam pengambilan keputusan sekolah. Penelitian ini juga menghasilkan temuan bahwa motivasi kerja berpengaruh langsung positif sebesar 23,7 % terhadap disiplin guru Madrasah Tsanawiyah di Kota Singkawang. Oleh karena itu hendaknya para guru mampu memotivasi dirinya sendiri agar memilki tingkat disiplin yang tinggi.Pihak sekolah juga diharapkan aktif memberikan pelatihan tentang disiplin dan motivasi terhadap para guru. Selain itu, penelitian ini juga menghasilkan temuan bahwa kepemimpinan transformasional kepala sekolah berpengaruh langsung positif sebesar 42,3 % terhadap motivasi kerja guru Madrasah Tsanawiyah (MTs) di Kota Singkawang. Kepala sekolah sebagai leader dan juga memiliki fungsi sebagai motivator bagi warga sekolah hendaknya secara aktif dapat meningkatkan motivasi para bawahannya.