Abstrak
Ifra Artini Nengsih, Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Iklim organisasi terhadap Mutu pelayanan Guru Sekolah Dasar Negeri di Wilayah Binaan II Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur. Tesis. Jakarta: Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA. 2014. Tujuan penelitian untuk mempelajari pengaruh supervisi kepala sekolah dan Iklim organisasi terhadap mutu pelayanan guru Sekolah Dasar Negeri di Wilayah Binaan II Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur. Penelitian dilakukan dengan metode penelitian lapangan melalui survei, menggunakan kuisioner dan pendekatannya dengan analisis jalur. Populasi dalam penelitian ini adalah guru Sekolah Dasar Negeri di Wilayah Binaan II Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur dengan menggunakan teknik simpel random sampling. Pada penelitian terdapat 3 hipotesis, yaitu terdapat pengaruh positif dan langsung: 1) supervisi kepala sekolah terhadap Mutu pelayanan guru 2) Iklim organisasi terhadap Mutu pelayanan guru, dan 3) supervisi kepala sekolah terhadap Iklim organisasi. Uji coba intrumen untuk mendapatkan validitas butir pernyataan dan reliabilitas instrumen dengan menggunakan rumus Pearson Product Moment dan Alpha Cronbach. Instrumen mutu pelayanan guru memiliki reliabilitas rii= 0,960, supervisi kepala sekolah memiliki reliabilitas rii= 0,948, dan iklim organisasi memiliki reliabilitas rii = 0,943. Ramalan hubungan dianalisis dengan menggunakan regresi tunggal sederhana. Besarnya pengaruh diukur dengan path analysis Hasilnya disimpulkan bahwa: 1) terdapat pengaruh positif dan langsung yang sangat signifikan supervisi kepala sekolah (X1) terhadap mutu pelayanan guru (X3) memperoleh persamaan regresi 3 X? = 63,052 + 0,522X1, koefisien korelasi r13= 0,625 dan koefisien pengaruh X1 terhadap X3 p31 = 0,37 pada taraf signifikansi α = 0,05, (2) terdapat pengaruh positif dan langsung yang sangat signifikan iklim organisasi (X2) terhadap mutu pelayanan guru (X3) memperoleh persamaan regresi 3 X? = 34,078 + 0,706X2 koefisien korelasi r23 = 0,654, dengan koefisien pengaruh X2 terhadap X3 p32= 0,42, pada taraf signifikansi α = 0,05 (3) terdapat pengaruh positif dan langsung yang signifikan supervisi kepala sekolah (X1) terhadap iklim organisasi memperoleh persamaan regresi 2 X? = 71,670 + 0,479X1, koefisien korelasi r12 = 0,620 dengan koefisien pengaruh supervisi kepala sekolah (X1) terhadap iklim organisasi p21 = 0,62 pada taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penilitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi dunia organisasi pendidikan. Khususnya untuk Mutu pelayanan guru Sekolah Dasar Negeri di Wilayah Binaan II Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur. Beberapa saran yang dapat diberikan di antaranya adalah; (1) perlu dilakukan peningkatan mutu pelayanan guru melalui efektivitas supervisi kepala, (2) perlu pembinaan secara rutin terhadap iklim organisasi, (3) perlu peningkatan mutu pelayanan guru melalui pelatihan, pendidikan, dan (4) perlu dilanjutkan penelitian tentang studi mutu pelayanan guru melalui penelitian lain, baik secara kuantitatif maupun kualitatif dari variabel lain agar mutu pelayanan guru dapat dilihat secara lebih komprehensif.