Abstrak
Ni Ketut Nurbakti, Hubungan Antara Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah dan
Profesionalitas Guru dengan Etos Kerja Guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan
Duren Sawit Jakarta Timur. Tesis. Program Studi Magister Administrasi Pendidikan,
Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA. 2014.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Hubungan Antara Efektivitas
Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Profesionalitas Guru Dengan Etos Kerja Guru
Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur. Penelitian dilakukan
dengan metode penelitian lapangan melalui survei, menggunakan kuesioner. Populasi
target dalam penelitian ini adalah seluruh guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan
Duren Sawit Jakarta Timur yang berjumlah 188 orang, menggunakan rumus Slovin
maka didapat 128 orang sebagai sampel penelitian.
Penelitian ini memiliki 3 hipotesis, yaitu terdapat hubungan positif antara: 1)
efektivitas kepemimpinan kepala sekolah dan etos kerja guru 2) profesionalitas guru dan
etos kerja guru, dan 3) efektivitas kepemimpinan kepala sekolah dan profesionalitas
guru secara bersama-sama dengan etos kerja guru.
Uji coba instrumen untuk mendapatkan validitas butir pernyataan dan reliabilitas
instrumen dengan menggunakan rumus Pearson Product Moment dan Alpha Cronbach.
Pada uji validitas, untuk instrumen variabel etos kerja guru memiliki 34 butir didapat 29
butir valid, efektivitas kepemimpinan kepala sekolah memiliki 34 butir didapat 29 butir
valid dan profesionalitas guru memiliki 32 butir didapat 29 butir valid. Pada uji
reliabilitas, untuk instrumen etos kerja guru sekolah memiliki reliabilitas rii= 0,957,
efektivitas kepemimpinan kepala sekolah memiliki reliabilitas rii = 0,964, dan
profesionalitas guru memiliki reliabilitas rii = 0,960.
Ramalan hubungan dianalisis dengan menggunakan regresi tunggal sederhana
dan regresi ganda. Hasilnya disimpulkan bahwa: 1) terdapat hubungan positif antara
efektivitas kepemimpinan kepala sekolah (X1) dan etos kerja guru (Y) dengan
persamaan regresi Ŷ = 54,511 + 0,557X1, artinya setiap kenaikan satu unit efektivitas
kepemimpinan kepala sekolah akan meningkatkan 0,557 unit etos kerja guru dengan
konstanta 54,511. Koefisien korelasi r1 = 0,632 pada taraf signifikansi α = 0,05, dan
koefisien determinasi = 0,3994 atau 39,94%. (2) terdapat hubungan positip antara profesionalitas guru (X2) dan etos kerja guru (Y) dengan persamaan regresi Y ? = 49,552
+ 0,621X2, artinya setiap kenaikan satu unit profesionalitas guru akan meningkatkan
0,621 unit Etos kerja guru dengan konstanta 49,552. Koefisien korelasi r2 = 0,652, pada
taraf signifikansi α = 0,05 dan koefisien determinasi = 0,4251 atau 42,51%. (3) terdapat
hubungan positif antara efektivitas kepemimpinan kepala sekolah (X1) dan
profesionalitas guru (X2) secara bersama-sama dengan etos kerja guru, memperoleh
persamaan regresi regresi Ŷ = 37,335 + 0,315X1 + 0,396X2, koefisien korelasi r.12 =
0,705 pada taraf signifikansi α = 0,05 dan koefisien determinasi = 0,4970 atau 49,70%.
Hasil uji hipotesis didapat simpulan bahwa hipotesis nol (H0), yang menyatakan
tidak terdapat hubungan positif antara efektivitas kepemimpinan kepala sekolah dan
profesionalitas guru dengan etos kerja guru di Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur
ditolak, sedangkan hipotesis alternatif (H1), yang menyatakan terdapat hubungan positif
efektivitas kepemimpinan kepala sekolah dan profesionalitas guru dengan etos kerja
guru di Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur diterima. Kesimpulan hasil hipotesis
memiliki arti bahwa penelitian yang dilakukan menunjukkan adanya hubungan antara
kepemimpinan kepala sekolah dan profesionalitas guru dengan etos kerja guru di
Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur.
Hasil penilitian diharapkan dapat bermanfaat bagi dunia organisasi pendidikan.
Secara khusus yang berkaitan dengan etos kerja guru Sekolah Dasar Negeri di
Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur.