Abstrak
Ni Ketut Nurbakti, Hubungan Antara Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Profesionalitas Guru dengan Etos Kerja Guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur. Tesis. Program Studi Magister Administrasi Pendidikan, Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA. 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Hubungan Antara Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Profesionalitas Guru Dengan Etos Kerja Guru Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur. Penelitian dilakukan dengan metode penelitian lapangan melalui survei, menggunakan kuesioner. Populasi target dalam penelitian ini adalah seluruh guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur yang berjumlah 188 orang, menggunakan rumus Slovin maka didapat 128 orang sebagai sampel penelitian. Penelitian ini memiliki 3 hipotesis, yaitu terdapat hubungan positif antara: 1) efektivitas kepemimpinan kepala sekolah dan etos kerja guru 2) profesionalitas guru dan etos kerja guru, dan 3) efektivitas kepemimpinan kepala sekolah dan profesionalitas guru secara bersama-sama dengan etos kerja guru. Uji coba instrumen untuk mendapatkan validitas butir pernyataan dan reliabilitas instrumen dengan menggunakan rumus Pearson Product Moment dan Alpha Cronbach. Pada uji validitas, untuk instrumen variabel etos kerja guru memiliki 34 butir didapat 29 butir valid, efektivitas kepemimpinan kepala sekolah memiliki 34 butir didapat 29 butir valid dan profesionalitas guru memiliki 32 butir didapat 29 butir valid. Pada uji reliabilitas, untuk instrumen etos kerja guru sekolah memiliki reliabilitas rii= 0,957, efektivitas kepemimpinan kepala sekolah memiliki reliabilitas rii = 0,964, dan profesionalitas guru memiliki reliabilitas rii = 0,960. Ramalan hubungan dianalisis dengan menggunakan regresi tunggal sederhana dan regresi ganda. Hasilnya disimpulkan bahwa: 1) terdapat hubungan positif antara efektivitas kepemimpinan kepala sekolah (X1) dan etos kerja guru (Y) dengan persamaan regresi Ŷ = 54,511 + 0,557X1, artinya setiap kenaikan satu unit efektivitas kepemimpinan kepala sekolah akan meningkatkan 0,557 unit etos kerja guru dengan konstanta 54,511. Koefisien korelasi r1 = 0,632 pada taraf signifikansi α = 0,05, dan koefisien determinasi = 0,3994 atau 39,94%. (2) terdapat hubungan positip antara profesionalitas guru (X2) dan etos kerja guru (Y) dengan persamaan regresi Y ? = 49,552 + 0,621X2, artinya setiap kenaikan satu unit profesionalitas guru akan meningkatkan 0,621 unit Etos kerja guru dengan konstanta 49,552. Koefisien korelasi r2 = 0,652, pada taraf signifikansi α = 0,05 dan koefisien determinasi = 0,4251 atau 42,51%. (3) terdapat hubungan positif antara efektivitas kepemimpinan kepala sekolah (X1) dan profesionalitas guru (X2) secara bersama-sama dengan etos kerja guru, memperoleh persamaan regresi regresi Ŷ = 37,335 + 0,315X1 + 0,396X2, koefisien korelasi r.12 = 0,705 pada taraf signifikansi α = 0,05 dan koefisien determinasi = 0,4970 atau 49,70%. Hasil uji hipotesis didapat simpulan bahwa hipotesis nol (H0), yang menyatakan tidak terdapat hubungan positif antara efektivitas kepemimpinan kepala sekolah dan profesionalitas guru dengan etos kerja guru di Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur ditolak, sedangkan hipotesis alternatif (H1), yang menyatakan terdapat hubungan positif efektivitas kepemimpinan kepala sekolah dan profesionalitas guru dengan etos kerja guru di Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur diterima. Kesimpulan hasil hipotesis memiliki arti bahwa penelitian yang dilakukan menunjukkan adanya hubungan antara kepemimpinan kepala sekolah dan profesionalitas guru dengan etos kerja guru di Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur. Hasil penilitian diharapkan dapat bermanfaat bagi dunia organisasi pendidikan. Secara khusus yang berkaitan dengan etos kerja guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur.