Abstrak
Teti Sulastri, Tesis ini berjudul ?Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Iklim Organisasi terhadap Kepuasan Kerja Guru Sekolah Luar Biasa di wilayah Jakarta Timur. Sekolah Pascasarjana Universitas Prof. Dr. Hamka, Jakarta, 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Iklim Organisasi terhadap Kepuasan Kerja Guru Sekolah Luar Biasa di Jakarta Timur. Hipotesis penelitian; (1) terdapat pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru, (2) terdapat pengaruh iklim organisasi terhadap kepuasan kerja guru, (3) terdapat pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap iklim organisasi. Penelitian ini menggunakan metode survei kasual dengan populasi 7 Sekolah Luar Biasa yang ada di wilayah Jakarta timur, dipilih dengan multi stage random sampling dengan jumlah 110 guru. Data dikumpulkan dengan menggunakan anget untuk mengukur kepemimpinan transformasional kepala sekolah, iklim organisasi dan kepuasan kerja guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; pertama, terdapat pengaruh positif antara kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru, dengan garis regresi X3 = -13,07+ 1,27. X1, koefisien korelsi r13 =.0,97 dengan koefisien determinasi 0,9409, koefisien jalur p31 = 0,77 Hal ini berarti 94,09 % variansi yang terjadi pada kepuasan kerja guru dapat dijelaskan malalui kepemimpinan transformasional terhadap kepuasan kerja guru. Kedua terdapat pengaruh positif antara kepemimpinan transformasional terhadap iklim organosasi, dengan persamaan garis regresi X3 = -37.93 + 1.51 X2 Koefisien korelasi r23 = 0,98 dengan koefisien determinasi = 0,9604, koefisien jalur p32 = 0,79. Hal ini berarti 96,04 % variansi yang terjadi pada kepuasan kerja guru dapat dijelaskan melalui iklim organisasi sekolah. Ketiga terdapat pengaruh positif antara kepemimpinan transformasional terhadap iklim organosasi, dengan persamaan regresi X2 = 17.07 + 0.83 X1 , koefisien korelasi r21 = 0,25 dengan koefisien determinasi 0,0625, koefisien jalur p21 = 0.25. Hal ini berarti. 6,25 % variansi yang terjadi pada ikilm organisasi dapat dijelaskan melalui kepemimpinan transformasional kepala sekolah. Berdasarkan temuan penelitian di atas, kepuasan kerja guru dapat tercapai secara optimal dengan cara meningkatkan kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan iklim organisasi. Hal ini bahwa kedudukan variabel tersebut menjadi 2 (dua) faktor penentu yang bermakna.