Abstrak
Sutrisna. 2014. Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Iklim Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Guru Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kecamatan Kalideres Jakarta Barat. Tesis. Program Studi Administrasi Pendidikan. Sekolah Pascasarjana. Universitas Muhamadiyah Prof. DR. HAMKA. Tesis ini bertujuan untuk menguji pengaruh supervisi kepala sekolah dan iklim kerja terhadap kepuasan kerja guru Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kecamatan Kalideres Jakarta Barat. Hipotesis penelitian adalah sebagai berikut : 1) Terdapat Pengaruh Langsung Positif Supervisi Kepala Sekolah terhadap Kepuasan Kerja Guru, 2) Terdapat Pengaruh Langsung Positif Iklim Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Guru, dan 3) Terdapat Pengaruh Langsung Positif Supervisi Kepala Sekolah terhadap Iklim Kerja. Populasi penelitian adalah guru PNS di 10 Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) di Kecamatan Kalideres Jakarta Barat. Dalam hal ini guru PNS yang mengajar berjumlah 275 Guru, sedangkan sampel penelitian sebanyak 73 guru PNS yang diambil dengan teknik Proportional Random Sampling. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkam data Supervisi Kepala Sekolah, Iklim Kerja dan Kepuasan Kerja guru, menggunakan kuesioner dengan model Skala Liker. Pengujian validitas dan reliabilitas intrumen Supervisi Kepala Sekolah, Iklim Kerja dan Kepuasan Kerja guru dengan menggunakan rumus Korelasi Product Moment dan Alpha Cronbach. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial. Statisik deskriptif meliputi perhitungan, Rerata, Median, Modus, Simpangan Baku, Rentang, Pembantuan Distribusi Frekuensi dari setiap variabel. Sedangkan statitik inferensial meliputi analisis uji signifikansi koefisien korelasi dan analisis jalur. Sebelum dianalisis dengan statistika inferensial terlebih dahulu dilakukan pengujian persyaratan analisis yang meliputi pengujian normalitas, uji linearitas dan uji signifikansi regresi. Hasil analisis data menunjukan bahwa : 1) terdapat pengaruh langsung positif yang signifikan supervisi kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru dengan persamaan regresi X3 = 56,94 + 0,545 X1, koefisien jalur sebesar 0,453 dan t hitung sebesar 6,56. 2) terdapat pengaruh langsung positif yang signifikan iklim kerja terhadap kepuasan kerja guru dengan persamaan regresi X3 = 50,08 + 0,644 X2, koefisien jalur sebesar 0,453 dan t hitung sebesar 6,07. 3) terdapat pengaruh langsung positif yang signifikan supervisi kepala sekolah terhadap iklim kerja dengan persamaan regresi X2 = 96,79 + 0,323 X1, koefisien jalur sebesar 0.401 dan t hitung sebesar 3,68. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa upaya meningkatkan kepasan kerja guru dapat dilakukan dengan meningkatkan supervisi kepala sekolah dan iklim kerja. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontrobusi bagi semua pihak yang berkepentingan dalam meningkatkan kepuasan kerja guru.