Abstrak
ELVIYANA. Pengaruh Iklim Sekolah dan Profesionalitas Guru Terhadap Kepuasan Kerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Rumpun Pariwisata Di Propinsi DKI Jakarta. Tesis. Program Studi Magister Administrasi Pendidikan, Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Januari 2014. Tesis ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai pengaruh langsung : (1) iklim sekolah terhadap kepuasan kerja guru, (2) profesionalitas guru terhadap kepuasan kerja guru, (3) iklim sekolah terhadap profesionalitas guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif desain hubungan kausal dengan menggunakan analisis jalur untuk mengetahui pengaruh variabel eksogen terhadap variable endogen. Populasi target dalam penelitian adalah seluruh guru PNS Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Rumpun Pariwisata di Propinsi DKI Jakarta, populasi terjangkau adalah guru PNS di 5 Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) Propinsi DKI Jakarta berjumlah 130 guru meliputi guru SMKN 24 Jakarta Timur, guru SMKN 27 Jakarta Pusat, guru SMKN 32 Jakarta Selatan, guru SMKN 33 Jakarta Utara dan guru SMKN 38 Jakarta Pusat. Sedangkan jumlah sampel penelitian sebanyak 98 guru PNS dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Sampel uji coba dilakukan terhadap 30 orang guru di luar sampel penelitian. Penelitian ini menggunakan instrument berupa kuesioner dengan 5 opsi (pilihan). Uji coba terhadap instrumen penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui validitas dan realibilitas instrumen sebelum digunakan untuk mengumpulkan data. Validitas yang digunakan untuk instrumen variabel kepuasan kerja, variabel iklim sekolah dan variabel profesionalitas guru adalah validitas konstruk. Sedangkan untuk realibilitas instrumen diteliti dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Ada tiga kesimpulan utama dari hasil penelitian ini, yaitu : Pertama, terdapat pengaruh langsung positip iklim sekolah terhadap kepuasan kerja guru, dengan menggunakan uji t dimana thitung = 2,78 atau lebih besar dari ttable = 1,66 dengan persamaan regresi linier 3 X ? = 103,19 + 0,33X1 dan koefisien korelasi r13 sebesar 0,273 serta koefisien determinasi sebesar 0,075 menerangkan bahwa 7,5% variansi variabel kepuasan kerja guru ditentukan oleh variabel iklim sekolah. Ini berarti bahwa semakin baik iklim sekolah semakin tinggi tingkat kepuasan kerja guru. Sebaliknya semakin buruk iklim sekolah semakin menurun tingkat kepuasan kerja guru. Kedua, terdapat pengaruh langsung positip profesionalitas guru terhadap kepuasan kerja guru, dengan menggunakan uji t dimana thitung = 2,69 atau lebih besar dari ttable = 1,66 dengan persamaan regresi linier 3 X ? = 129,01 + 0,14X2 dan koefisien korelasi r23 sebesar 0,141 serta koefisien determinasi sebesar 0,02 menerangkan bahwa 2% variansi variabel kepuasan kerja guru ditentukan oleh variabel profesionalitas guru. Ini berarti bahwa semakin baik profesionalitas guru semakin tinggi tingkat kepuasan kerja guru. Sebaliknya semakin rendah profesionalitas guru semakin menurun tingkat kepuasan kerja guru. Ketiga, terdapat pengaruh langsung positip iklim sekolah terhadap profesionalitas guru, dengan menggunakan uji t dimana thitung = 1,80 atau lebih besar dari ttable = 1,66 dengan persamaan regresi linier 2 X ? = 93,56 + 0,22X1 dan koefisien korelasi r12 sebesar 0,180 serta koefisien determinasi sebesar 0,032 menerangkan bahwa 3,2% variansi variabel profesionalitas guru ditentukan variabel iklim sekolah. Ini berarti bahwa semakin baik iklim sekolah semakin tinggi profesionalitas guru. Sebaliknya semakin rendah iklim sekolah semakin menurun profesionalitas guru. Analisis jalur (path analysis) didapat p21= 0,180, p31 = 0,255 dan p32 = 0,100 di atas ttable = 0,05 yang berarti path analysisnya signifikan. Iklim sekolah dapat berpengaruh secara langsung kepada kepuasan kerja guru dan kepuasan kerja guru dipengaruhi secara langsung positip oleh iklim sekolah. Meningkatnya iklim sekolah akan meningkatkan kepuasan kerja guru sebesar 25,5%. Profesionalitas guru berpengaruh secara langsung terhadap kepuasan kerja guru dan kepuasan kerja guru dipengaruhi secara langsung positip oleh profesionalitas guru. Meningkatnya profesionalitas guru akan meningkatkan kepuasan kerja guru sebesar 10 %. Iklim sekolah berpengaruh secara langsung terhadap profesionalitas guru dan profesionalitas guru dipengaruhi secara langsung positip oleh iklim sekolah. Meningkatnya iklim sekolah akan meningkatkan profesionalitas guru sebesar 18 %. Kata kunci : Iklim Sekolah, Profesionalitas Guru dan Kepuasan Kerja Guru