Abstrak
Faisal. 2014. Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Iklim Organisasi Sekolah terhadap Disiplin Kerja Guru Madrasah Aliyah (MA) swasta di wilayah Kelompok Kerja Madrasah (KKM) MAN. Mauk Kabupaten Tangerang. Tesis. Program Studi Administrasi Pendidikan. Sekolah Pascasarjana. Universitas Muhamadiyah Prof. DR. HAMKA. Tesis ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Iklim Organisasi Sekolah terhadap Disiplin Kerja Guru Madrasah Aliyah (MA) swasta di wilayah Kelompok Kerja Madrasah (KKM) MAN. Mauk Kabupaten Tangerang. Hipotesis penelitian adalah sebagai berikut : 1) Terdapat Pengaruh Langsung Positif Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah terhadap Disiplin Kerja Guru, 2) Terdapat Pengaruh Langsung Positif Iklim Organisasi Sekolah Terhadap Disiplin Kerja Guru, dan 3) Terdapat Pengaruh Langsung Positif Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah terhadap Iklim Organisasi Sekolah. Populasi penelitian adalah guru Madrasah Aliyah (MA) swasta yang ada di wilayah Kelompok Kerja Madrasah (KKM) MAN. Mauk Kabupaten Tangerang yang terdiri dari 7 Madrasah Aliyah swasta diantaranya MA. Daarul Muttaqien, MA. Al-Hasaniyah, MA. Al-Marwah, MA. Nurussaadah, MA. Nurul Falah, MA. Daarul Muqimin, dan MA. Al-Mansyuriah. Dalam hal ini guru swasta yang mengajar berjumlah 135 Guru, sedangkan sampel penelitian sebanyak 100 guru swasta yang diambil dengan teknik Proportional Random Sampling. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkam data Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Iklim Organisasi Sekolah dan Disiplin Kerja guru, menggunakan kuesioner dengan model Skala Liker. Pengujian validitas dan reliabilitas intrumen Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Iklim Organisasi Sekolah dan Disiplin Kerja guru dengan menggunakan rumus Korelasi Product Moment dan Alpha Cronbach. Hasil analisis data menunjukan bahwa : 1) terdapat pengaruh langsung positif yang signifikan kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap disiplin kerja guru dengan persamaan regresi X3 = 79,596 + 0,354 X1, koefisien jalur sebesar 0,349 dan t hitung sebesar 3,681. 2) terdapat pengaruh langsung positif yang signifikan iklim organisasi sekolah terhadap disiplin kerja guru dengan persamaan regresi X3 = 34,297 + 0,709 X2, koefisien jalur sebesar 0,759 dan t hitung sebesar 11,534. 3) terdapat pengaruh langsung positif yang signifikan kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap iklim organisasi sekolah dengan persamaan regresi X2 = 85,244 + 0,340 X1, koefisien jalur sebesar 0.313 dan t hitung sebesar 3,258. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa upaya meningkatkan disiplin kerja guru dapat dilakukan dengan meningkatkan kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan iklim organisasi sekolah. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi semua pihak yang berkepentingan dalam meningkatkan disiplin kerja guru.