Abstrak
Christiana Maria NR. Hubungan antara Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Organisasi dengan Kepuasan Kerja Guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Pademangan Jakarta Utara. Tesis. Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA 2012 Penelitian ini bertujuan untuk menelaah dan mengkaji mengenai hubungan antara (1) gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan kepuasan kerja guru, (2) budaya organisasi dengan kepuasan kerja guru, dan (3) gaya kepemimpinan kepala sekolah dan budaya organisasi dengan kepuasan kerja guru Hipotesis yang diuji adalah: (1) terdapat hubungan positif antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan kepuasan kerja guru, (2) terdapat hubungan positif antara budaya organisasi dengan kepuasan kerja guru, (3) terdapat hubungan positif antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dan budaya organisasi dengan kepuasan kerja guru Metode penelitian yang digunakan adalah survey. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Pademangan Jakarta Utara yang berjumlah 231 siswa. Sampel berjumlah 139 orang siswa dengan menggunakan teknik acak Proporsioal (Proportional Random Sampling) Instrumen yang digunakan untuk menjaring data variabel gaya kepemimpinan kepala sekolah, budaya organisasi dan kepuasan kerja guru dengan angket model skala Likert. Keterandalannya (Reliabilitas) dihitung dengan rumus Alpha Cronbachs. Hasil uji coba untuk variabel gaya kepemimpinan kepala sekolah adalah sebesar r11 = 0,9037; hasil uji coba untuk variabel budaya organisasi adalah sebasar r11 = 0,9377; dan hasil uji coba untuk variabel kepuasan kerja guru adalah sebesar r11 = 0,9483. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial, untuk pengujian hipotesis digunakan statistik korelasi sederhana, ganda dan parsial, serta regresi sederhana dan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, terdapat hubungan positif dan signifikan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan kepuasan kerja guru, dengan persamaan regresi Ŷ= 12,71 + 0,95X1 dan koefesien korelasi ry1 = 0,859; pada taraf signifikansi α = 0,05. Kedua, terdapat hubungan positif dan signifikan antara budaya organisasi dengan kepuasan kerja guru, dengan persamaan regresi Ŷ= 29,50 + 0,83X2 dan koefesien korelasi ry2 = 0,843; pada taraf signifikansi α = 0,05. Ketiga, terdapat hubungan positif dan signifikan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dan budaya organisasi dengan kepuasan kerja guru, dengan persamaan regresi Ŷ= 12,879 + 0,936X1 + 0,011X2 dan koefesien korelasi Ry.12 = 0,859; pada taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian juga menyimpulkan bahwa kepuasan kerja guru (Y) dapat ditingkatkan dengan cara meningkatkan gaya kepemimpinan kepala sekolah (X1) dan meningkatkan budaya organisasi (X2)