Abstrak
Sri Mulyani, Hubungan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Disiplin Kerja dengan Kualitas Layanan Pendidikan SMAN Se-Jakarta Timur. Tesis. Jakarta : Program Studi Magister Administrasi Pendidikan, Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. Juni 2014. Tujuan Penelitian untuk mengetahui Hubungan antara Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Disiplin Kerja Guru dengan Kualitas Layanan Pendidikan SMAN Kecamatan Makasar Jakarta Timur, dengan metode survei dengan teknik korelasional. Data dijaring dengan instrumen kuesioner dengan skala Linkert yang disusun berdasarkan dimensi dan indikator masing-masing variabel. Teknik analisis data dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial yang meliputi análisis regresi dan korelasi baik sederhana maupun ganda. Populasi berjumlah 227 orang, dengan rumus Slovin sampel berjumlah 145 orang. Ada tiga hipotesis yaitu (1) Terdapat Hubungan Positif antara Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dengan Kualitas Layanan Pendidikan SMAN se-Jakarta Timur sebesar 2,07% melalui persamaan regresi Ŷ = 150,855 + 0,02 X1, sisanya 97, 93% ditentukan oleh factor lain; (2) Terdapat Hubungan Positif antara Disiplin Kerja Guru dengan Kualitas Layanan Pendidikan SMAN Se-Jakarta Timur sebesar 9,24% melalui persamaan regresi Ŷ = 108,43 + 0,29 X2, sisanya 90, 76% ditentukan oleh factor lain; (3) Terdapat Hubungan Positif antara Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Disiplin Kerja Guru secara bersama- sama dengan Kualitas Layanan Pendidikan SMAN Se-Jakarta Timur sebesar 11,31 % melalui persamaan regresi Ŷ = 152,92 + 0,08 X1 + 0,27 X2, sisanya 89, 69% ditentukan oleh faktor. Kualitas layanan pendidikan SMAN memiliki reliabilitas rhitung 0,9226, Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah memiliki nilai reliabilitas rhitung 0,9816 dan Disiplin Kerja Guru memiliki nilai reliabilitas rhitung 0,9654 maka nilai Alpha cronbach?s untuk keseluruhan skala pengukuran menunjukkan nilai > 0,70 sehingga dapat disimpulkan bahwa ketiga variabel mempunyai reliabilitas. Dengan demikian semakin tinggi Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Disiplin Kerja Guru secara bersama-sama maka semakin tinggi Kualitas Layanan Pendidikan. Hal ini dapat diimplikasikan untuk meningkatkan Kualitas Layanan Pendidikan dapat dilakukan melalui Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah yang optimal dan mengembangkan Disiplin Kerja Guru yang sesuai dengan visi misi sekolah