Abstrak
Efektivitas Sekolah pada SMA Negeri di kecamatan Cipayung Jakarta Timur. Tesis Program Studi
Magister Administrasi Pendidikan, Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammdiyah Prof. DR.
Hamka, Agustus 2014.
Tesis ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah
dan Disiplin Kerja Guru terhadap Efektivitas Sekolah pada SMA Negeri di kecamatan Cipayung
Jakarta Timur. Oleh karena itu dalam penelitian dapat diajukan hipotesa di antaranya, 1. Terdapat
pengaruh langsung positip kepemimpinan demokratis kepala sekolah terhadap efektivitas sekolah,
2. Terdapat pengaruh langsung positip disiplin kerja guru terhadap efektivitas sekolah dan 3.
Terdapat pengaruh langsung positip kepemimpinan demokratis kepala sekolah terhadap disiplin
kerja guru.
Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif deskritif, mengumpulkan data ? data
dengan menggunakan instrumen berbentuk kuesioner yang telah diuji cobakan, disebarkan kepada
sejumlah 104 sampel, yaitu guru ? guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang tersebar pada SMA
Negeri di kecamatan Cipayung Jakarta Timur. Kuesioner yang disebarkan ke sampel mengenai hal ?
hal yang berkaitan dengan kepemimpinan demokratis kepala sekolah, disiplin kerja guru dan
efektivitas sekolah.
Penelitian ini dapat disimpulkan 1.Terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan
kepemimpinan demokratis kepala sekolah terhadap efektivitas sekolah pada SMA Negeri di
kecamatan Cipayung Jakarta Timur dengan koefisien pengaruh sebesar 0.3528 atau sebesar 35,28%.
2.Terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan disiplin kerja guru terhadap efektivitas sekolah
pada SMA Negeri di kecamatan Cipayung Jakarta Timur dengan koefisien pengaruh sebesar 0,1428
atau sebesar 14,28%. 3.Terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan kepemimpinan
demokratis kepala sekolah terhadap disiplin kerja guru pada SMA Negeri di kecamatan Cipayung
Jakarta Timur dengan koefisien pengaruh sebesar 0,9044 atau sebesar 90,44%. Sedangkan
koefisien determinasi diperoleh 0.9183 = 91.83% yang artinya sebanyak 91.83 % variabel
kepemimpinan demokratis kepala sekolah dan disiplin kerja memberikan kontribusi kepada
efektivitas sekolah. Temuan ini memberikan makna bahwa semakin baik kepemimpinan demokratis
kepala sekolah dan semakin kondusif disiplin kerja guru, maka semakin tinggi pula efektivitas
sekolah pada SMA Negeri di kecamatan Cipayung Jakarta Timur.
Diharapkan Kepala sekolah sebagai pihak yang paling berwenang dalam pengambilan
kebijakan seharusnya memahami terhadap aspek-aspek yang dapat mempengaruhi pelaksanaan
kepemimpinan demokratis, disiplin kerja guru yang dilandasi dengan ketaatan, kerelaan dan
keikhlasan yang diplementasi pada kerja sama, mengutamakan mutu kerja dan dapat mengarahkan
diri sendiri dalam pelaksanaan tugas dan kewajibannya. Terkait dengan itu maka secara langsung
setiap anggota akan dengan sukarela turut serta dalam setiap kegiatan-kegiatan perencanaan,
penyelenggaraan, pengawasan dan penilaian sehingga menjadi potensi dalam pencapaian tujuan
yang telah ditetapkan.