Abstrak
Adde Liesma Priyanti. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan etos kerja Guru terhadap Layanan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama Swasta Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan. Tesis. Jakarta : Program Pascasarjana, Universitas Prof. Dr. HAMKA Muhammadiyah. 2013. Tesis ini bertujuan untuk mengkaji seberapa besar pengaruh gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan etos kerja guru terhadap layanan pendidikan di Sekolah Menengah Pertama Swasta Kecamatan Tebet Jakarta Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian survey dengan menggunakan pendekatan analisis jalur. Penelitian ini bertempat di Sekolah Menengah Pertama Swasta Kecamatan Tebet Jakarta Selatan. Populasi penelitian ini adalah guru-guru yang ada di 13 Sekolah Menengah Pertama Swasta Kecamatan Tebet (SMP Swasta PGRI 10, SMP Swasta Muhammadiyah 36, SMP Swasta Yasporbi, SMP Swasta Assyafi?yah 02, SMP Swasta YWKA I, SMP Swasta Adik Irma, SMP Swasta Al-Bayan, SMP Swasta Asisi, SMP Swasta Madina Islamic School, SMP Swasta Muhammadiyah 10, SMP Swasta Muttaqien, SMP Swasta Yasda, SMP Swasta Perguruan Rakyat 02) yang berjumlah 193. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 130 orang guru yang ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin. Adapun hipotesis penelitian ini adalah : a. Terdapat pengaruh langsung positif antara kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap layanan pendidikan. b. Terdapat pengaruh langsung positif antara etos kerja guru terhadap layanan pendidikan. c. Terdapat pengaruh langsung positif antara etos kerja guru terhadap kepemimpinan transformasional kepala sekolah . Penelitian ini menyimpulkan bahwa : (1) Kepemimpinan transformasional kepala sekolah berpengaruh positif terhadap layanan pendidikan di Sekolah Menengah Swasta Kecamatan Tebet Jakarta Selatan. Koefisien korelasi r13 = 0,73, koefisien determinasi R2 0,525 dan koefisien jalur p31 = 0,43 dengan persamaan regresi X3= 118,911 + 0,003X1 Pengaruh ini signifikan pada α = 0,05. (2) Etos Kerja guru berpengaruh positif terhadap layanan pendidikan di Sekolah Menengah Swasta Kecamatan Tebet Jakarta Selatan. Koefisien korelasi r23 = 0,74, koefisien determinasi R2 =0,550 dan koefisien jalur p32 = 0,48 dengan persamaan regresi X3= 111,082 + 0,063X2. Pengaruh ini signifikan pada α = 0,05. (3) Gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah berpengaruh positif terhadap etos kerja guru. Koefiisien korelasi r12 = 0,71, koefisien determinasi R2= 0,505 dan p21 = 0,71 dengan persamaan regresi X2= 122,403 + 0,35X1. Pengaruh ini signifikan pada α = 0,05. Sehubungan dengan hal tersebut di atas maka direkomendasikan kepada berbagai pihak yang terkait dengan pengelolaan pendidikan bahwa untuk meningkatkan layanan pendidikan Sekolah Menengah Pendidikan Swasta Kecamatan Tebet Jakarta Selatan perlu ditingkatkan gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan etos kerja guru pada masing-masing sekolah yang bersangkutan.