Abstrak
Suyarno. Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru terhadap Etos Kerja Guru Sekolah Dasar Negeri di Wilayah Binaan IV Kecamatan Cilincing Jakarta Utara. Tesis. Program Studi Magister Administrasi Pendidikan, Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR.HAMKA, Jakarta.Desember. 2013. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui besarnya pengaruh supervisi kepala sekolah terhadap etos kerja guru Sekolah Dasar Negeri di Wilayah Binaan IV Kecamatan Cilincing Jakarta Utara; (2) untuk mengetahui besarnya pengaruh motivasi kerja guru terhadap etos kerja guru Sekolah Dasar Negeri di Wilayah Binaan IV Kecamatan Cilincing Jakarta Utara; dan (3) untuk mengetahui besarnya pengaruh supervisi kepala sekolah terhadap motivasi kerja guru Sekolah Dasar Negeri di Wilayah Binaan IV Kecamatan Cilincing Jakarta Utara. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian survei kausal dengan analisis jalur (path analysis). Populasi penelitian ini adalah semua guru di wilayah binaan IV Kecamatan Cilincing Jakarta Utara sebanyak 137 orang dari 10 sekolah. Sampel penelitian ini sebanyak 102 orang yang diambil secara random area dengan menggunakan rumus Slovin dan teknik proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data variabel etos kerja guru, supervisi kepala sekolah dan motivasi kerja guru melalui angket skala lima kategori Likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi pearson product moment, determinasi, regresi sederhana dan uji analisis jalur. Selanjutnya data yang telah terkumpul diolah kemudian ditafsirkan, dianalisis dan dideskripsikan sesuai dengan masalah dan tujuan penelitian. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) terdapat pengaruh langsung positif supervisi kepala sekolah terhadap etos kerja guru Sekolah Dasar Negeri di Wilayah Binaan IV Kecamatan Cilincing Jakarta Utara dengan persamaan regresi : 3 ?X = 107.301 + 0.230 X1. Hal tersebut dapat iii ditunjukkan dengan F hitung = 21.37 > dari F tabel = 3.94 pada taraf signifikan 5%., dengan koefisien korelasi (r13) = 0.420 dan koefisien jalur (31) = 0.235. Sumbangan efektif supervisi kepala sekolah terhadap etos kerja guru sebesar = 17.648%; 2) terdapat pengaruh langsung positif motivasi kerja guru terhadap etos kerja guru Sekolah Dasar Negeri di Wilayah Binaan IV Kecamatan Cilincing Jakarta Utara dengan persamaan regresi : 3 ?X = 60.343 + 0.550 X2. Hal tersebut dapat ditunjukkan dengan F hitung = 43.78 > dari F tabel = 3.94 pada taraf signifikan 5%, dengan koefisien korelasi (r23) = 0.552 dan koefisien jalur (32) = 0.457. Sumbangan efektif motivasi kerja guru terhadap etos kerja guru sebesar = 30.47%; dan 3). terdapat pengaruh langsung positif supervisi kepala sekolah terhadap motivasi kerja guru Sekolah Dasar Negeri di Wilayah Binaan Kecamatan Cilincing Jakarta Utara dengan persamaan regresi : 2 ?X = 104.485 + 0.223 X1. Hal tersebut dapat ditunjukkan dengan F hitung = 19.64 > dari F tabel = 3.94 pada taraf signifikan 5%, dengan koefisien korelasi (r12) = 0.405 dan koefisien jalur (21) = 0.405. Sumbangan efektif supervisi kepala sekolah terhadap motivasi kerja guru sebesar = 16.40%. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa jika supervisi yang dilakukan kepala sekolah apabila dilakukan secara periode akan meningkatkan etos kerja guru di wilayah binaan IV Kecamatan Cilincing Jakarta Utara dan hal ini dapat dilakukan dengan 1).memberikan reward dan punisment 2). memberikan kesempatan kepada guru untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan, dan 3). memberikan kesempatan kepada guru untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi. Guru yang mempunyai motivasi kerja yang tinggi akan meningkatkan etos kerjanya.