Abstrak
Suyarno. Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru terhadap
Etos Kerja Guru Sekolah Dasar Negeri di Wilayah Binaan IV Kecamatan
Cilincing Jakarta Utara. Tesis. Program Studi Magister Administrasi Pendidikan,
Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR.HAMKA,
Jakarta.Desember. 2013.
Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui besarnya
pengaruh supervisi kepala sekolah terhadap etos kerja guru Sekolah Dasar
Negeri di Wilayah Binaan IV Kecamatan Cilincing Jakarta Utara; (2) untuk
mengetahui besarnya pengaruh motivasi kerja guru terhadap etos kerja guru
Sekolah Dasar Negeri di Wilayah Binaan IV Kecamatan Cilincing Jakarta Utara;
dan (3) untuk mengetahui besarnya pengaruh supervisi kepala sekolah terhadap
motivasi kerja guru Sekolah Dasar Negeri di Wilayah Binaan IV Kecamatan
Cilincing Jakarta Utara.
Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian kuantitatif dengan
menggunakan metode penelitian survei kausal dengan analisis jalur (path
analysis). Populasi penelitian ini adalah semua guru di wilayah binaan IV
Kecamatan Cilincing Jakarta Utara sebanyak 137 orang dari 10 sekolah. Sampel
penelitian ini sebanyak 102 orang yang diambil secara random area dengan
menggunakan rumus Slovin dan teknik proporsional random sampling. Teknik
pengumpulan data variabel etos kerja guru, supervisi kepala sekolah dan motivasi
kerja guru melalui angket skala lima kategori Likert. Teknik analisis data yang
digunakan adalah korelasi pearson product moment, determinasi, regresi
sederhana dan uji analisis jalur. Selanjutnya data yang telah terkumpul diolah
kemudian ditafsirkan, dianalisis dan dideskripsikan sesuai dengan masalah dan
tujuan penelitian.
Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1)
terdapat pengaruh langsung positif supervisi kepala sekolah terhadap etos kerja
guru Sekolah Dasar Negeri di Wilayah Binaan IV Kecamatan Cilincing Jakarta
Utara dengan persamaan regresi : 3
?X
= 107.301 + 0.230 X1. Hal tersebut dapat
iii
ditunjukkan dengan F hitung = 21.37 > dari F tabel = 3.94 pada taraf signifikan
5%., dengan koefisien korelasi (r13) = 0.420 dan koefisien jalur (31) = 0.235.
Sumbangan efektif supervisi kepala sekolah terhadap etos kerja guru sebesar =
17.648%; 2) terdapat pengaruh langsung positif motivasi kerja guru terhadap etos
kerja guru Sekolah Dasar Negeri di Wilayah Binaan IV Kecamatan Cilincing
Jakarta Utara dengan persamaan regresi : 3
?X
= 60.343 + 0.550 X2. Hal tersebut
dapat ditunjukkan dengan F hitung = 43.78 > dari F tabel = 3.94 pada taraf
signifikan 5%, dengan koefisien korelasi (r23) = 0.552 dan koefisien jalur (32) =
0.457. Sumbangan efektif motivasi kerja guru terhadap etos kerja guru sebesar =
30.47%; dan 3). terdapat pengaruh langsung positif supervisi kepala sekolah
terhadap motivasi kerja guru Sekolah Dasar Negeri di Wilayah Binaan
Kecamatan Cilincing Jakarta Utara dengan persamaan regresi : 2
?X
= 104.485 +
0.223 X1. Hal tersebut dapat ditunjukkan dengan F hitung = 19.64 > dari F tabel =
3.94 pada taraf signifikan 5%, dengan koefisien korelasi (r12) = 0.405 dan
koefisien jalur (21) = 0.405. Sumbangan efektif supervisi kepala sekolah
terhadap motivasi kerja guru sebesar = 16.40%.
Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa jika supervisi yang dilakukan
kepala sekolah apabila dilakukan secara periode akan meningkatkan etos kerja
guru di wilayah binaan IV Kecamatan Cilincing Jakarta Utara dan hal ini dapat
dilakukan dengan 1).memberikan reward dan punisment 2). memberikan
kesempatan kepada guru untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan, dan 3).
memberikan kesempatan kepada guru untuk melanjutkan pendidikan yang lebih
tinggi. Guru yang mempunyai motivasi kerja yang tinggi akan meningkatkan etos
kerjanya.