Abstrak
Yasri Amena, Pengaruh Kemampuan manajerial Kepala Sekolah dan Kecerdasan emosional Guru terhadap Kreativitas kerja GuruSekolahDasarNegeri di Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur. Tesis. Jakarta: Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA. 2014. Tujuan penelitian untuk mengkaji pengaruh kemampuan manajerial kepala sekolah dan Kecerdasan emosional guru terhadap Kreativitas kerja guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur. Penelitian dilakukan dengan metode penelitian lapangan melalui survei, menggunakan kuisioner dan pendekatannya dengan analisis jalur. Populasi dalam penelitian ini adalah guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur dengan menggunakan teknik simpel random sampling. Pada penelitian terdapat 3 hipotesis, yaitu terdapat pengaruh positif dan langsung: 1) kemampuan manajerial kepala sekolah terhadap Kreativitas kerja guru 2) Kecerdasan emosional guru terhadap Kreativitas kerja guru, dan 3) kemampuan manajerial kepala sekolah terhadap Kecerdasan emosional guru. Uji coba intrumen untuk mendapatkan validitas butir pernyataan dan dan reliabilitas instrumen dengan menggunakan rumus Pearson Product Moment dan Alpha Cronbach. Instrumen kreativitas kerja gurumemiliki reliabilitas rii = 0,967, kemampuan manajerial kepala sekolah memiliki reliabilitas rii = 0,955, dan Kecerdasan emosional guru memiliki reliabilitas rii = 0,960. Ramalan hubungan dianalisis dengan menggunakan regresi tunggal sederhana. Besarnya pengaruh diukur dengan path analysis Hasilnya disimpulkan bahwa: 1) terdapat pengaruh positif dan langsung yang sangat signifikan kemampuan manajerial kepala sekolah (X1) terhadap kreativitas kerja guru (X3) memperoleh persamaan regresi 3X? = 63,052 + 0,522X1, koefisien korelasi r13= 0,625 dan koefisien pengaruh X1 terhadap X3 p31 = 0,37 pada taraf signifikansi α = 0,05, (2) terdapat pengaruh positif dan langsung yang sangat signifikan kecerdasan emosional guru (X2) terhadap kreativitas kerja guru (X3) memperoleh persamaan regresi 3 X ? = 34,078+ 0,706X2 koefisien korelasi r23 = 0,654, dengan koefisien pengaruh X2 terhadap X3 p32= 0,42, pada taraf signifikansi £\ = 0,05 (3) terdapat pengaruh positif dan langsung yang signifikan kemampuan manajerial kepala sekolah (X1) terhadap kecerdasan emosional guru memperoleh persamaan regresi 2X. = 71,670+ 0,479X1, koefisien korelasi r12 = 0,620 dengan koefisien pengaruh kemampuan manajerial kepala sekolah (X1) terhadap kecerdasan emosional guru p21 = 0,62 pada taraf signifikansi £\ = 0,05. Hasil penilitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi dunia organisasi pendidikan. Khususnya untuk Kreativitas kerja guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur. Beberapa saran yang dapat diberikan di antaranya adalah; (1) perlu dilakukan peningkatan kreativitas kerja guru melalui efektivitas kemampuan manajerial kepala, (2) perlu pembinaan secara rutin terhadap kecerdasan emosional guru, (3) perlu peningkatan kreativitas kerja gurumelalui pelatihan, pendidikan, dan (4) perlu dilanjutkan penelitian tentang studi kreativitas kerja guru melalui penelitian lain, baik secara kuantitatif maupun kualitatif dari variabel lain agar kreativitas kerja guru dapat dilihat secara lebih komprehensif