Abstrak
Istiti Cahyaningsih. Evaluasi Implementasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Jakarta. Tesis. Program Studi Magister Administrasi Pendidikan, Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka, November 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektifitas implementasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Jakarta, ditinjau dari aspek konteks, input, proses, dan produk. Penelitian ini menggunakan metode evaluasi CIPP dengan pendekatan deskriptif kualitatif dan ex-post-facto. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara (fully structural interview), observasi, dan studi dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian evaluasi ini, diperoleh kesimpulan sebagai berikut : 1) status SMKN 4 Jakarta sebagai sekolah unggulan menuntut proses pelayanan pendidikan menggunakan standar sistem manajemen mutu pendidikan; 2) penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 membawa dampak positif terhadap keberhasilan proses pembelajaran, kegiatan pelayanan pendidikan sesuai dengan SOP (Standard Operating Procedure) dan terstandardisasi; 3) Kesesuaian distribusi dan kualitas SDM di SMKN 4 Jakarta membawa dampak positif bagi tertib manajemen dan personilnya; 4) Sarana dan prasarana sangat mendukung, 98,57 % sarana dan prasarana KBM dalam kondisi baik; 5) Teknologi Informasi sangat membantu monitoring mutu proses pembelajaran. Dalam penggunaanya perlu kemudahan, konsistensi, dan tetap memperhatikan pentingnya aspek dokumentasi; 6) Mutu lulusan terserap di pasar kerja dengan tingkat keterserapan sangat tinggi (92,45 %); 7) Implementasi SMM ISO 9001:2008 harus selalu dievaluasi. Selain aspek legalitas, juga untuk mengetahui tingkat efektivitas dan perbaikan yang diperlukan; 8) Implementasi Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001:2008 di SMKN 4 Jakarta telah sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan; 9) Implementasi SMM ISO 9001:2008 di SMKN 4 Jakarta telah sesuai dengan tujuan yang ditetapkan; 10) Fokus prioritas perubahan peningkatan mutu pendidikan di SMKN 4 Jakarta adalah di bidang kegiatan belajar mengajar dan kualitas lulusan. Penelitian ini diharapkan memberi gambaran empiris efektivitas implementasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 di SMKN 4 Jakarta serta upaya perbaikan yang perlu di kemudian hari dan memotivasi penulis untuk terus berkarya dan berprestasi.