Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif (Tipe STAD dan CIRC) dan gaya belajar (field independen[FID] dan field dependen [FD]) terhadap kemampuan menulis karya ilmiah siswa di SMA Negeri 1 Bungursari, Purwakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen menggunakan desain faktorial 2 x 2. Pengukuran variabel kemampuan menulis karya ilmiah menggunakan tes tulis dan gaya belajar menggunakan kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknis analisis variansi (ANAVA) dua jalur dan dilanjutkan denga nuji tuckey untuk melihat interaksi kelompok. Sebelum uji hiptesis, dilakukan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas data menggunakan uji Liliefors dan pengujian homogenitas varians menggunakan uji kesamaa dua varians. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, kemampuan menulis karya tulis ilmiah antara kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC lebih baik dibandingkan dengan kelompok belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Kedua, kemampuan menulis karya tulis ilmiah pada kelompok siswa yang memiliki gaya belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC. Ketiga, kemampuan menulis karya tulis ilmiah pada kelompok siswa yang memiliki gaya belajar field independen (FID) antara yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC lebih baik dibanding kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Keempat, terdapat pengaruyh interaksi antara model pembelajaran dan gaya belajar terhadap kemampua menulis karya tulis ilmiah siswa.