Abstrak
Eti Dwi Koriati, Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja terhadap Disiplin Kerja Guru di Sekolah Dasar Negeri Gugus Wilayah VIII Kecamatan Pesanggrahan Jakarta Selatan. Tesis, Jakarta: Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, Jakarta, 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja terhadap Disiplin Kerja Guru di Sekolah Dasar Negeri Gugus Wilayah VIII Kecamatan Pesanggrahan Jakarta Selatan. Metode yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan kausal dengan populasi terdiri dari 237 guru Di Sekolah Dasar Negeri Gugus Wilayah VIII Kecamatan Pesanggrahan Jakarta Selatan, dengan sampel di 149 guru di 15 Sekolah Dasar Negeri Gugus Wilayah VIII Kecamatan Pesanggrahan Jakarta Selatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Pertama, terdapat pengaruh langsung positif Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Disiplin Kerja Guru dapat diterima, hal ini dapat diketahui berdasarkan hasil Uji-t dengan taraf signifikansi 5% terlihat bahwa nilai thitung > nilai ttabel atau 3,32 > 1,645, sedangkan dari hasil perhitungan Analisa Jalur diperoleh nilai p31 = 0,283 atau 0,283 > 0,05. Nilai ini memberikan informasi bahwa Kepemimpinan Kepala Sekolah berpengaruh secara signifikan terhadap Disiplin Kerja Guru. Kedua, terdapat pengaruh langsung positif Motivasi Kerja terhadap Disiplin Kerja Guru dapat diterima, hal ini dapat diketahui dari hasil Uji-t bahwa dengan taraf signifkan 5% diperoleh nilai thitung > nilai ttabel atau 5,978 > 1,645, sedangkan dari hasil perhitungan analisa jalur diperoleh nilai p32 = 0,506 artinya bahwa Motivasi Kerja berpengaruh secara signifikan terhadap Disiplin Kerja Guru. Ketiga, terdapat pengaruh positif Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Motivasi Kerja dapat diterima, hal ini dapat diketahui dengan Uji-t bahwa dengan taraf signifkan 5% diperoleh nilai thitung > nilai ttabel atau 6,64 > 1,645, sedangkan dari hasil perhitungan analisa jalur diperoleh nilai p21 = 0,480 atau 0,480 > 0,05 artinya bahwa Kepemimpinan Kepala Sekolah berpengaruh secara signifikan terhadap Motivasi Kerja. Berdasarkan temuan penelitian di atas, Disiplin Kerja Guru dapat dicapai secara optimal dengan cara meningkatkan Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja. Hal ini bahwa kedua variabel tersebut menjadi 2 (dua) faktor penentu yang bermakna.