Abstrak
Hubungan Antara Kematangan Emosi dengan Asertifitas pada
Remaja di SMK Negeri 41 Jakarta Selatan. Skripsi, Jakarta : Program Studi
Psikologi, Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka,
Desember 2010.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kematangan emosi
dengan asertifitas pada remaja di SMK Negeri 41 Jakarta Selatan. Hasil penelitian ini
diharapkan dapat dijadikan masukan kepada instansi yang terkait mengenai
pembentukan emosi yang matang di sekolah yang mendorong seseorang untuk
melakukan perilaku asertif.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian korelasional dengan
menghubungkan kematangan emosi dengan asertifitas. Subjek penelitian ini adalah
siswa-siswi kelas X, XI, XII sebanyak 194 orang.
Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk skala likert
sebanyak 38 butir pernyataan yang berkenaan dengan kematangan emosi dan 34 butir
pernyataan mengenai asertifitas. Data tersebut dianalisis dengan menggunakan
teknik korelasi pearson product moment untuk melihat hubungan dari variabel
tersebut. Hasil penelitian menunjukkan korelasi positif, kuat dan searah, terlihat dari
koefisien korelasi yang dihasilkan sebesar 0,652. Dari penelitian ini dapat
disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kematangan emosi dengan
asertifitas pada SMK Negeri 41 Jakarta Selatan.
Kata kunci : Kematangan emosi, asertifitas.