Abstrak
Hubungan Antara Kematangan Emosi dengan Asertifitas pada Remaja di SMK Negeri 41 Jakarta Selatan. Skripsi, Jakarta : Program Studi Psikologi, Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka, Desember 2010. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kematangan emosi dengan asertifitas pada remaja di SMK Negeri 41 Jakarta Selatan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan masukan kepada instansi yang terkait mengenai pembentukan emosi yang matang di sekolah yang mendorong seseorang untuk melakukan perilaku asertif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian korelasional dengan menghubungkan kematangan emosi dengan asertifitas. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas X, XI, XII sebanyak 194 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk skala likert sebanyak 38 butir pernyataan yang berkenaan dengan kematangan emosi dan 34 butir pernyataan mengenai asertifitas. Data tersebut dianalisis dengan menggunakan teknik korelasi pearson product moment untuk melihat hubungan dari variabel tersebut. Hasil penelitian menunjukkan korelasi positif, kuat dan searah, terlihat dari koefisien korelasi yang dihasilkan sebesar 0,652. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kematangan emosi dengan asertifitas pada SMK Negeri 41 Jakarta Selatan. Kata kunci : Kematangan emosi, asertifitas.