Abstrak
Short Message Service (SMS) Center adalah program yang memiliki fungsi utama untuk mengatur distribusi data dan informasi dalam format serta aturan penulisan tertentu, agar bisa memberikan output informatif yang beragam sesuai dengan kategorinya. Maksud pelayanan Short Message Service (SMS) Center untuk melaksanakan fungsi pelayanan informasi Pemda di Kota Bekasi melalui SMS Center sebagai wujud transparansi informasi. Masyarakat dapat langsung mengirimkan SMS melalui handphone ke nomor 4676-9436-037 sesuai keyword masing-masing pejabat dan dapat langsung direspons oleh pejabat melalui website atau mobile. Penelitian ini untuk mengidentifikasi isi komunikasi interaktif antara Pemda Kota Bekasi dengan warga melalui SMS Center di Website SMS Center Kota Bekasi periode Agustus 2013-Oktober 2013. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan paradigma positivisme. Penelitian ini berlandaskan teori persamaan media dan public relations online. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan sampel stratified. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi tertulis, yaitu dengan mengakses isi pesan yang didapat di Website SMS Center Kota Bekasi. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi (content analysis). Adapun data yang dianalisis adalah SMS yang ada di Website SMS Center Kota Bekasi, periode Agustus 2013-Oktober 2013. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam komunikasi interaktif Pemda Kota Bekasi, SMS berisi keluhan lebih banyak direspons daripada informasi. Walikota Bekasi lebih banyak merespons SMS yang masuk. Penelitian ini diharapkan dapat memperkokoh teori persamaan media (media eqution theory) dan juga metode analisis kuantitatif.