Abstrak
Jajat Imanudin. Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa Menggunakan Instructional Scaffolding Pada Kelas Delapan SMP Candra Jaya Jakarta Barat. Tesis. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Post Graduate School Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA. Juli 2014. Tesis ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa dengan menggunakan Instructional Scaffolding pada kelas delapan SMP Candra Jaya Jakarta Barat. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas delapan SMP Candra Jaya Jakarta Barat yang terdiri dari 40 peserta didik. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari tiga siklus yang tiap siklusnya terdapat empat komponen yaitu perencanaan, implementasi tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa pengamatan, kuesioner, wawancara, dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif digunakan untuk data kualitatif yang berupa kuesioner, wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedangkan analisis kuantitatif digunakan untuk data kuantitatif yang diperoleh dari hasil menulis teks deskriptif peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan instructional scaffolding berdampak positif terhadap peningkatan kemampuan menulis peserta didik. Hal ini berdasarkan keantusiasan dan peran aktif peserta didik dalam proses pembelajaran serta hasil tes menulis teks deskriptif peserta didik dari pratindakandengan nilai rata-rata sebesar 59,00 kemudian meningkat pada akhir s iklus III menjadi 70,13. Berdasarkan temuan diatas, penulis menyarankan bahwa guru Bahasa Inggris bisa menggunakan instructional scaffolding dalam pengajaran Bahasa Inggris. Untuk memperoleh pemerataan yang lebih luas, penelitian sejenis seharusnya dilakukan dengan materi yang berbeda.