Abstrak
Eva Musyrifah. Promoting Autonomous Learning to Sustain Motivation in Improving student's speaking skill: a study case of english extracurricular program at SMA Muhammadiyah 18 Jakarta. Thesis. Jakarta: Department of Magister of English Language Education, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana English Club sebagai program ekstrakurikuler bahasa Inggris dapat mendukung pembelajaran otonomi/mandiri dan untuk mengetahui bagaimana cara pembelajaran otonomi/mandiri tersebut dapat mempertahankan motivasi murid untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris mereka di SMA Muhammadiyah 18 Jakarta. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dan data penelitian didapatkan melalui beberapa instrumen penelitian seperti wawancara, kuesioner, jurnal murid serta jurnal peneliti. Empat belas partisipan yang juga merupakan murid dalam program English Club turut dilibatkan di dalam proses pengambilan data penelitian. Hasil penelitian ini mengindikasikan adanya temuan yang signifikan mengenai karakteristik pembelajaran otonomi/mandiri pada murid-murid di dalam program English Club. Temuan-temuan dalam penelitian ini juga membuktikan bahwa kegiatankegiatan di dalam English Club dapat mendukung pembelajaran otonomi/mandiri dengan cara mengaplikasikan beberapa strategi mengajar. Salah satu temuan dalam penelitian ini adalah karakteristin pembelajaran otnonomi/mandiri yang dimilikim para murid dapat membantu mereka dalam mempertahankan motivasi mereka untuk meningkatkan kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris.