Abstrak
RUSNI KAMALUDDDlN. 2013. The EiJecr ofWorching Movie and SIOIyrelling Tuuw'ds Students ' Listening Comprehension of Narrative Texf. Thesis. The English Education School of Graduate Univerity of Muhammadiyah Prof Dr. HAMKA.
Penilitian ini dilakukan untuk meneapai liga lujuan ulama, I )ada terdapal
pengaruh yang significan dalam penggunaan leknik watching movie pada
peningkatan paada pemahaman minyak siswa 2) ada terdapat pengaruh yang signitikan menggunakan lehnik storytelling pada peningkatan pemahaman rnenyimak siswa, 3) adakah terdapat perbedaan yang signifikan dari pcningkalan
pada pemahaman mcndengar siswa antara mereka yang diaajarkao mcnggunakan
tchnik watching movie dan mereka yang diajarkan menggunakan tc]mik
storytelling.
Penilitian ini menggunakan desain kuantitative. Desain ini digunakan untuk
mengetahui bila ada terdapat perbedaan yang signiflkan pada tehnik walching
movie dan technique stor)1elling unluk meningkatkan pemahaman meuyimak
siswa. Ada tiga variable penilitian dalam desain peni]itian. Tehnik watching
movie (X I) dan technique storytelling (X2) adalah dua variable independen. Yang
lainnya adalah pernaahaman menyirnak (Y) sebagai variable dependen.
Penilitian in; menunjukan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari tehnik
watching movie sedangkan tehnik stof)1elling tidak efektif dalam meningkalkan
pemaahaman menyimak siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil test. karena p-value
dari lehnik storytelling sangat kecil dari 0.05 (0.515 > 0.05) selain itu ada perbedaan yang siglliftkan antara siswa yang diaajarkan dengan menggunakan tehnik watching movie dan tehnik stof)1elling (0.043 < 0.05). berdasarkan hasil diatas, te,hnik watching movie menjadi satu alternative yang baik dalam meningkatkan kemampuan menyimak siswa. Peniliti berharap hasil penilitian ini dapat member manfat untuk semua guru yang mengajar ketrampilan menyimak.