Abstrak
Irsyad Nugraha the Effect of Peer Feedback and Self Revising Technique Toward Student?s Writing of Expository Paragraph at STKIP Garut. Tesis Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA tahun 2012. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meneliti; (1) apakah ada pengaruh yang positif dari tehnik pengajaran Peer Feedback terhadap kemampuan menulis mahasiswa; (2) apakah ada pengaruh yang positif dari tehnik pembelajaran Self Revising terhadap kemampuan menulis mahasiswa; (3) tehnik pembelajaran manakah yang lebih baik untuk diterapkan guna meningkatkan kemampuan menulis mahasiswa. Penelitian ini telah dilaksanakan di STKIP Garut dari bulan September sampai November tahun 2012 di 2 kelas dengan kemampuan yang sama yang bisa dilihat dari rentang nilai sebelum dilaksanakan penelitian ini. Tiga tingkatan penelitian yang sudah dilakukan dalam mengolah data adalah (1) memberikan Pre test sebelum penelitian dilaksanakan; (2) pemberian Treatment untuk tehnik Peer feedback dan Self Revising di Kelas A dan B; (3) menganalisa Post test dan membandingkan hasil dari kedua tehnik tersebut. Ada tiga jenis penilaian yang dipakai sesuai dengan rubrik penilaian penulisan yaitu Organization (pengorganisasian ide), Cotent (Pengembangan topik utama) dan Style (pemilihan kosakata dan penyusunan kalimat yang benar). Semua data di analisa dengan menggunakan Independent T- test. Berdasarkan analisa data yang dihasilkan, ada tiga kesimpulan: pertama,ada perbedaan kemampuan yang signifikan antara skor mahasiswa yang menggunakan tehnik Peer Feedback dalam menulis paragraf ekspositori, tobserved 8.896 dan ttable 2.640. kemampuan mahasiswa meningkat dengan Mean pre test 48.75 dan mean Post test 70.40. kedua, ada kemampuan yang signifikan dalam skor mahasiswa yang menggunakan Self revising dalam menulis paragrapf ekspositori dengan tobserved 4.182 dan ttable 2.640 dan mean pre test 49.75 dan mean post test 60.90. ketiga, kemampuan mahasiswa yang menggunakan tehnik peer Feedback lebih baik nilai akhirnya daripada mahasiswa yang menggunakan tehnik self revising dengan nilai tobserved 4.338 dan ttable 1.991. mean dari nilai feedback 70.95 lebih besar daripada mean dengan tehnik self revising yaitu 60.30. Penelitian menghasilkan sebuah kesimpulan yaitu mahasiswa yang menggunakan tehnik peer feedback lebih baik daripada mahasiswa yang menggunakan tehnik self revising di STKIP Garut dalam kemampuan mereka menulis paragraf ekspositori. Dan hasil ini diusulkan bisa meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menulis.