Abstrak
Ratna Monika Sari. The Effect of Brainstorming and Clustering Techiques on Students? Writing Ability. Post Graduate Study of Muhammadiyah University of prof. Dr. Hamka, 2013. ―Aku tidak tahu apa yang harus ditulis. Aku tidak tahu bagaimana harus memulai‖, ungkapan tersebut muncul dari hampir seluruh mahasiswa STIBA ? IEC. Peneliti merasa bahwa ini adalah salah satu penyebab kurang memuaskannya nilai mereka. Berkenaan dengan masalah tersebut, peneliti tertarik melakukan penelitian sehubungan dengan jalan keluar yang mungkin menjanjikan bagi mahasiswa untuk membantu mereka mengatasi masalah tersebut. Karena ―tidak tahu harus menulis apa‖ adalah masalahnya, teknik pra-menulis bisa menjadi alternatif yang baik. Diantara beberapa teknik pra-writing yang ada, peneliti memilih teknik brainstorming dan clustering. Studi ini mempelajari efek komparasi dari teknik brainstorming dan clustering pada pencapaian mahasiswa semester tiga STIBA ? IEC di Jakarta Barat. Peneliti mengemukakan tiga buah pertanyaan berkenaan dengan keefektifan dari masing ? masing teknik dalam meningkatkan kemampuan menulis mahasiswa dan keefektifan teknik clustering dibandingkan dengan brainstorming. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, studi ini mngadopsi design experimental berisi dua grup yang terdiri dari satu grup experimen dan satu grup pembanding dengan jumlah sampel sebanyak 40 siswa. 40 siswa ini kemudian diberi tes dengan menggunakan sebuah instruksi untuk menulis. Hasil karangan pertama mereka digunakan sebagai tolak ukur untuk mengetes inter-rater reliability, yang mana hasil akhirnya adalah 0.57. Kemudian, nilai menulis mahasiswa yang didapatkan dari tes yang dilakukan pada saat pre-tes digunakan sebagai data untuk menganalisis normalitas dan homogenitas. Dari analisis yang dilakukan, ditemukan bahwa data dari kedua kelas tersebut tidak hanya normal tetapi juga homogen. Kemudian, setelah pos-tes diterapkan, analisis data akhir dilakukan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan dependent dan independent t-tests. Hasil menunjukkan bahwa ada efek signifikan dari treatment brainstorming terhadap kemampuan menulis mahasiswa (0.0035 < 0.05). penemuan juga menunjukkan bahwa ada efek signifikan dari penggunaan treatmen clustering (0.005 < 0.05). Akhirnya, hasil menunjukkan bahwa mahasiswa yang diajar dengan menggunakn teknik clustering tidak mencapai peningkatan yang signifikan dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan menggunakan teknik brainstorming (0.085 > 0.05).