Abstrak
Yayah Makiyah. The Effect of Using Directed Reading Thinking Activity (DRTA) and Webbing Strategies at Narrative Text to Enhance Students? Reading Comprehension: A Study of 8th Students of Junior Secondary Al ? Huda Kebon Jeruk in the Academic Year 2012 ? 2013. Thesis Pasca Sarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka, 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan dua strategi DRTA dan Webbing didalam meningkatkan pemahaman membaca siswa pada teks Narrative. DRTA dan Webbing merupakan dua strategi yang digunakan pada kegiatan pre - reading. Ada tiga langkah yang dilakukan pada strategi DRTA yaitu memprediksi, membaca, dan memperbaiki. Strategi ini dapat membantu kesiapan siswa sebelum menghadapai sebuah teks bacaan. Sementara pada Webbing, tema sebuah teks ditulis didalam web dan diletakan ditengah. Web ini akan bercabang menjadi beberapa web yang berisi ide ? ide utama kemudian ide utama tersebut akan dikelompokkan kembali dengan ide ? ide pendukung lainnya. Pengelompokkan ide ini dapat membantu dan memudahkan siswa memahami isi dari sebuah wacana. Terdapat tiga pertanyaan didalam penelitian ini, pertama apakah ada efektifitas setelah menggunakan strategi DRTA pada peningkatkan pemahamn membaca siswa pada teks narative, ke ? dua apakah ada efektifitas setelah menggunakan strategi Webbing pada peningkatkan pemahamn membaca siswa pada teks narrative dan yang terakhir apakah ada perbedaan peningkatan yang signifikan antara siswa yang mendapatkan strategi DRTA dengan siswa yang mendapat strategi Webbing. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang membandingkan dua strategi antara DRTA dan Webbing. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Al ? Huda Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Jumlah siswa pada penelitian ini delapan puluh siswa dan ada empat puluh siswa disetiap kelas. Pada setiap kelas akan diberikan tindakan yang berbeda dengan menggunakan DRTA dan Webbing. Setelah mengadakan penelitian, ada tiga kesimpulan yang dapat dijelaskan dalam penelitian ini, pertama, ada efek yang signifikan pada strategi DRTA dalam meningkatkan pemahaman membaca siswa pada teks narrative karena p- value 0.000, lebih kecil dari ɑ = 0.05. ke dua, Webbing juga memberikan efek dalam meningkatkan pemahaman membaca siswa pada teks narrartive karena p- value 0.000, lebih kecil dari ɑ = 0.05 dan kesimpulan yang terakhir adalah tidak ada perbedaan peningkatan yang signifikan antara siswa yang mendapatkan strategi DRTA dengan siswa yang mendapat strategi Webbing karena tingkat signifikan 0.143 lebih besar dari ɑ = 0.05.