Abstrak
Saputra, Eki. 2012.Improving students? writing skill through collaborative writing atthe third semester students of the English study program of the Bengkulu Muhammadiyah University in academic year 2012/2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana teknik menulis kolaboratif dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa. Subjek penelitiannya adalah mahasiswa kelas D semester 3 program studi pendidikan bahasa Inggris di Universitas Muhammadiyah Bengkulu tahun akademik 2012/2013. Penelitian ini berbentuk penelitian qualitatif yang berfokus pada penelitian tindakan kelas. Data diperoleh dari catatan lapangan, lembar observasi, analisis dari tulisan siswa serta semua catatan dari semua proses penelitian tindakan kelas baik sebelum ataupun sesudah teknik menulis kolaboratif diimplementasikan. Dari temuan penelitian terungkap bahwa: (1) teknik menulis kolaboratif secara efektif telah mampu meningkatkan kemampuan menulis siswa khususnya menulis sebuah essay. (2) Teknik menulis kolaboratif juga mudah di implementasikan dalam mengajar menulis. Akhirnya, peneliti menyarankan agar dikemudian hari ada peneliti-peneliti berikutnya yang melakukan penelitian tentang teknik kolaboratif ini demi meningkatkan kemampuan bahasa yang lain dari siswa.