Abstrak
Sri arfani, The Effectiveness of Using Peer and Self Editing Technique to Improve Students? Writing Descriptive Composition (A study of 4th semester students at STIBA-IEC college east Jakarta). Thesis Post Graduate Study of Muhammadiyah University of Prof. DR. Hamka, 2013.
Peneliti menyadari bahwa kemampuan menulis sulit dicapai oleh mahasiswa, dikarenakan beberapa faktor. Beberapa faktor tersebut yang menyulitkan mahasiswa dalam mengembangkan penulisan mereka antara lain: perbedaan sistim, ejaan, pengucapan, tata bahasa, dan pemiihan kata antara bahasa Inggris
dan bahasa Indonesia. Masalah tersebut menyebabakan mahasiswa sulit untuk
menulis secara baik dan benar, dan dapat dikatakan bahwa hanya sedikit
mahasiswa yang memeiliki kemampuan yang baik dalam menulis. Oleh karena
itu, dibutuhkan tekhnik yang baik untuk membantu mahasiswa dalam
meningkatkan kemampuan menulis mereka.
Berdasarkan penjelasan diatas, maka terdapat tiga pertanyaan didalam penelitian
ini, pertama apakah ada efek setelah menggunakan Peer editing pada
peningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menulis Deskriptif komposisi, ke ?
dua apakah ada efek setelah menggunakan tekhnik self editing pada peningkatkan
kemampuan mahasiswa dalam menulis Deskriptif komposisi, dan yang terakhir
apakah ada perbedaan peningkatan yang signifikan antara mahasiswa yang
mendapatkan tekhnik Peer editing dengan siswa yang mendapat self editing pada
peningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menulis Deskriptif komposisi.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitaif yang membandingkan dua tekhnik
antara Peer dan Self editing untuk meningkatkan kemampuan mahasaiswa dalam
menulis deskriptive komposisi. Subyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa
semester IV kelas IVA dan IVB di STIBA ? IEC Jakarta Timur. Instrument yang
digunakan adalah essay. Jumlah mahasiswa pada penelitian ini empat puluh
mahasiswa dan dua puluh mahasiswa disetiap kelas. Pada setiap kelas diberikan
tindakan yang berbeda dengan menggunakan Peer dan Self editing.
Setelah mengadakan penelitian, ada tiga kesimpulan yang dapat dijelaskan dalam
penelitian ini, pertama, ada efek yang signifikan pada tekhnik Peer editing dalam
meningkatkan meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menulis deskriptive
komposisi karena p- value 0.000, lebih kecil dari ɑ = 0.05. ke dua, tekhnik Self
editing juga memberikan efek dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam
menulis deskriptive komposisi, karena p- value 0.041, lebih kecil dari ɑ = 0.05
dan kesimpulan yang terakhir adalah ada perbedaan peningkatan yang signifikan
antara mahasiswa yang mendapatkan tehknik Peer editing dengan mahasiswa
yang mendapatkan Self editing karena tingkat signifikan 0,009 lebih kecil dari ɑ = 0.05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa yang di ajari dengan peer editing mendapatkan peningkatan kemampuan yang sangat significant dibandingkan dengan mahasiswa yang di ajarkan dengan self editing technique.
Peneliti berharap hasil penelitian ini dapat memberi manfaat untuk semua dosen dosen yang mengajar matakuliah writing.