Abstrak
Sri arfani, The Effectiveness of Using Peer and Self Editing Technique to Improve Students? Writing Descriptive Composition (A study of 4th semester students at STIBA-IEC college east Jakarta). Thesis Post Graduate Study of Muhammadiyah University of Prof. DR. Hamka, 2013. Peneliti menyadari bahwa kemampuan menulis sulit dicapai oleh mahasiswa, dikarenakan beberapa faktor. Beberapa faktor tersebut yang menyulitkan mahasiswa dalam mengembangkan penulisan mereka antara lain: perbedaan sistim, ejaan, pengucapan, tata bahasa, dan pemiihan kata antara bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Masalah tersebut menyebabakan mahasiswa sulit untuk menulis secara baik dan benar, dan dapat dikatakan bahwa hanya sedikit mahasiswa yang memeiliki kemampuan yang baik dalam menulis. Oleh karena itu, dibutuhkan tekhnik yang baik untuk membantu mahasiswa dalam meningkatkan kemampuan menulis mereka. Berdasarkan penjelasan diatas, maka terdapat tiga pertanyaan didalam penelitian ini, pertama apakah ada efek setelah menggunakan Peer editing pada peningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menulis Deskriptif komposisi, ke ? dua apakah ada efek setelah menggunakan tekhnik self editing pada peningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menulis Deskriptif komposisi, dan yang terakhir apakah ada perbedaan peningkatan yang signifikan antara mahasiswa yang mendapatkan tekhnik Peer editing dengan siswa yang mendapat self editing pada peningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menulis Deskriptif komposisi. Penelitian ini adalah penelitian kuantitaif yang membandingkan dua tekhnik antara Peer dan Self editing untuk meningkatkan kemampuan mahasaiswa dalam menulis deskriptive komposisi. Subyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester IV kelas IVA dan IVB di STIBA ? IEC Jakarta Timur. Instrument yang digunakan adalah essay. Jumlah mahasiswa pada penelitian ini empat puluh mahasiswa dan dua puluh mahasiswa disetiap kelas. Pada setiap kelas diberikan tindakan yang berbeda dengan menggunakan Peer dan Self editing. Setelah mengadakan penelitian, ada tiga kesimpulan yang dapat dijelaskan dalam penelitian ini, pertama, ada efek yang signifikan pada tekhnik Peer editing dalam meningkatkan meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menulis deskriptive komposisi karena p- value 0.000, lebih kecil dari ɑ = 0.05. ke dua, tekhnik Self editing juga memberikan efek dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menulis deskriptive komposisi, karena p- value 0.041, lebih kecil dari ɑ = 0.05 dan kesimpulan yang terakhir adalah ada perbedaan peningkatan yang signifikan antara mahasiswa yang mendapatkan tehknik Peer editing dengan mahasiswa yang mendapatkan Self editing karena tingkat signifikan 0,009 lebih kecil dari ɑ = 0.05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa yang di ajari dengan peer editing mendapatkan peningkatan kemampuan yang sangat significant dibandingkan dengan mahasiswa yang di ajarkan dengan self editing technique. Peneliti berharap hasil penelitian ini dapat memberi manfaat untuk semua dosen dosen yang mengajar matakuliah writing.