Abstrak
Kholifah, The Relationship Between Communicative Exercises and Students? Motivation on Improving Their Speaking Abilities at The Junior High School I Way Jepara East Lampung. Thesis. Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2013. Tujuan utama pengajaran Bahasa Inggris adalah untuk mengajarkan siswa bagaimana menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi. Oleh karena itu, guru idealnya menyiapkan dan menyajikan materi speaking dengan lebih efektif. Namun, sejauh ini siswa masih belum mampu meningkatkan kemampuan speaking mereka. Merek masih enggan mengungkapkan ide-ide mereka dalam bahasa Inggris. Faktor utama yang membuat mereka enggan berbicara bahasa Inggris adalah kurangnya penguasaan kosa kata dalam bahasa Inggris dan metode pengajaran yang tidak communicative. Berdasarkan alasan permasalahan di atas, seorang guru bahasa Inggris mencoba memberikan materi speaking dengan menggunakan tekhnik ?describing picture?. Tekhnik ini adalah salah satu tekhnik pengajaran yang ada dalam CLT. Kemudian, di samping memotivasi siswa yang dilakukan guru, menyajikan metri yang menarik seperti ?describing picture?. Juga bisa memberikan motivasi tersendiri bagi siswa. Mereka terlihat lebih antusias mengikuti pelajaran speaking. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara penggunaan CLT dan motivasi siswa terhadap perkembangan kemampuan speaking siswa di SMPN 1 Way Jepara Lampung Timur. Ada 64 siswa dari 234 siswa yang di ambil sebagai sample. Metode yang di gunakan adalah quantitative dengan regresi ganda untuk mengetahui bagaimana hubungan antara variable. Hasil dari penelitian ini adalah : rata ? rata pencapaian speaking siswa 61 dengan skor tertinggi 92. Siswa yang mempunyai motivasi yang baik mampu melakukan kegiatan belajar dengan antusias dan mampu mengungkapkan atau mendescribe gambar tanpa banyak pengulangan. Meskipun belum mencapai 50 persent yang memperoleh nilai di atas rata- rata, ini sudah lebih baik di banding sebelum menggunakan CLT. hal ini bisa menunjukan bahwa penggunaan CLT dan motivasi belajar memberikan kotribusi yang signifikan terhadap perkembangan kemampuan speaking siswa. Dengan ini terbukti bahwa penggunaan CLT dan motivasi belajar bisa di gunakan untuk meningkatkan kemampuan speaking siswa. Oleh karena itu, guru bahasa Inggris di rekomendasikan untuk menggunakan CLT dan memberikan motivasi belajar sehingga siswa mampu bertahan dalam mengikuti pelajaran bahasa Inggris terutama pelajaran speaking. Key Words: CLT, Motivation, Speaking Skill