Abstrak
Sarbini Suhendro, Meningkatkan Keahlian Siswa di Dalam Menulis Paragraf Argumentasi Melalui Pendekatan Proses untuk siswa-siswa kelas sepuluh SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) YMIK Jakarta. Penelitian kwalitatif Pasca Sarjana Universitas Prof. Dr. HAMKA, Maret 2014. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan siswa SMK (Sekolah Menengah Kejurua) YMIK Jakarta yang mengambil menulis dalam menulis paragraf argumentasi melalui pendekatan proses. Hal ini dilakukan karena mereka diamati memiliki masalah dalam hal kelengkapan informasi, formulasi klaim/ proposisi, kesatuan, koheren, diksi, grammar dan mekanisme penulisan. Dalam melaksanakan penelitian ini, peneliti menerapkan desain penelitian tindakan kelas yang meliputi tahapan identifikasi masalah, perencanaan, implementasi dan observasi terhadap tindakan dan refleksi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ketrampilan siswa dalam menulis dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran menulis yang berorientasi pada proses yang mengandung langkah-langkah persiapan, perencanaan, pembuatan draft, refisi, menulis dan evaluasi. Selain itu, juga diamati bahwa siswa senang dan dapat berpartisipasi aktif dalam kegiatan menulis di kelas.