Abstrak
Dini Handayati. Analyzing Students? Barriers in Reading Comprehension among the First Grade Students of Sekolah Menengah Negeri 3 Rangkasbitung. Thesis. Pasca Sarjana Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2010 Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa kesulitan siswa dalam membaca pemahaman pada pelajaran bahasa Inggris di kelas. Secara khusus, penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan ? Apakah masalah yang dihadapi siswa dalam memahami teks bahasa Inggris? Mengapa mereka menganggap itu sebagai masalah? Dan strategi apakah yang mereka miliki untuk memecahkan masalah tersebut? Data pada penelitian ini didapat dari dua sumber; dari observasi kelas sebagai data utama dan dari wawancara sebagai data penunjang . Sembilan siswa dan dua guru bahasa Inggris dipilih sebagai responden pada wawancara. Data yang didapat kemudian dianalisa secara kualitatif dan diklasifikasikan sesuai jenis kesalahan yang dibuat siswa dalam mengerjakan soal mambaca pemahaman. . Hasil yang ditemukan dari penelitian ini adalah bahwa hampir semua responden mengalami masalah yang berkaitan dengan kosakata dan struktur kalimat serta struktur paragraph. Dalam penguasaan kosakata mereka mengalami masalah saat harus mencari makna , persamaan , dan lawan kata. Pada sruktur kalimat dan paragraph mereka merasa sukar saat harus mencari topic noun, kata sambung (connectors), penarikan kesimpulan (inference), kata acuan (reference), dan saat mencari pikiran utama (main idea). Dan untuk mengatasi kesulitan tersebut siswa merasa harus menterjemahkan wacana menggunakan kamus sebagai alat bantu utama, atau berdiskusi dengan guru atau teman yang dianggap lebih menguasai bahasa Inggris. Berdasarkan hasil penelitian yang didapat, disarankan agar guru mengaplikasikan beberapa teknik pengajaran yang sesuai, sehingga mampu memotivasi siswa dalam memahami wacana bahasa Inggris. Sekolah juga diharapkan agar lebih selektif dalam memilih guru atau lebih mendorong dan memfasilitasi untuk mengoptimalkan kemempuan guru yang mengajar di sekolah tersebut dengan cara mengirimkan mereka agar berpartisipasi dalam seminar-seminar dan untuk berperan aktif dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP)