Abstrak
Dini Handayati. Analyzing Students? Barriers in Reading Comprehension among the
First Grade Students of Sekolah Menengah Negeri 3 Rangkasbitung. Thesis. Pasca
Sarjana Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2010
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa kesulitan siswa dalam
membaca pemahaman pada pelajaran bahasa Inggris di kelas. Secara khusus, penelitian
ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan ? Apakah masalah yang dihadapi siswa dalam
memahami teks bahasa Inggris? Mengapa mereka menganggap itu sebagai masalah?
Dan strategi apakah yang mereka miliki untuk memecahkan masalah tersebut?
Data pada penelitian ini didapat dari dua sumber; dari observasi kelas sebagai
data utama dan dari wawancara sebagai data penunjang . Sembilan siswa dan dua guru
bahasa Inggris dipilih sebagai responden pada wawancara. Data yang didapat kemudian
dianalisa secara kualitatif dan diklasifikasikan sesuai jenis kesalahan yang dibuat siswa
dalam mengerjakan soal mambaca pemahaman. .
Hasil yang ditemukan dari penelitian ini adalah bahwa hampir semua responden
mengalami masalah yang berkaitan dengan kosakata dan struktur kalimat serta struktur
paragraph. Dalam penguasaan kosakata mereka mengalami masalah saat harus mencari
makna , persamaan , dan lawan kata. Pada sruktur kalimat dan paragraph mereka merasa
sukar saat harus mencari topic noun, kata sambung (connectors), penarikan kesimpulan
(inference), kata acuan (reference), dan saat mencari pikiran utama (main idea). Dan
untuk mengatasi kesulitan tersebut siswa merasa harus menterjemahkan wacana
menggunakan kamus sebagai alat bantu utama, atau berdiskusi dengan guru atau teman
yang dianggap lebih menguasai bahasa Inggris.
Berdasarkan hasil penelitian yang didapat, disarankan agar guru
mengaplikasikan beberapa teknik pengajaran yang sesuai, sehingga mampu memotivasi
siswa dalam memahami wacana bahasa Inggris. Sekolah juga diharapkan agar lebih
selektif dalam memilih guru atau lebih mendorong dan memfasilitasi untuk
mengoptimalkan kemempuan guru yang mengajar di sekolah tersebut dengan cara
mengirimkan mereka agar berpartisipasi dalam seminar-seminar dan untuk berperan
aktif dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP)