Abstrak
Edy Waloyo. An Analysis of the Implementation of Mind Mapping Technique in Teaching Writing: A Case Study of the Eleventh Grade Students at Madrasah Aliyah Negeri 13 Jakarta. Thesis. Graduate School of University of Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, 2013. Tujuan dari tesis ini adalah untuk menganalisis penerapan peta konsep dalam pengajaran menulis, masalah guru dan siswa, dan tanggapan guru dan siswa terhadap penggunaan peta konsep dalam pengajaran menulis teks khususnya narasi. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI ilmu sosial di Madrasah Aliyah Negeri 13 Jakarta. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif untuk menemukan jawaban dari tujuan penelitian. Data dikumpulkan dengan observasi kelas, wawancara guru dan siswa, dan lembar kerja siswa. Semua data dikumpulkan, dianalisis, dan diklasifikasikan. Setelah itu data yang bisa mewakili untuk menjawab tujuan penelitian diambil sebagai contoh. Contoh Data yang digunakan sebagai bukti dari hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peta konsep memiliki pengaruh yang baik terhadap keterampilan siswa dalam menulis. Para siswa mengetahui susunan teks narasi, tata bahasa dalam menulis narasi, dan bagaimana menentukan urutan cerita berdasarkan peta konsep dan kata-kata kunci yang disediakan. Peta konsep juga membuat siswa termotivasi untuk menulis karena siswa merasa menikmati dan senang dengan melihat gambar-gambar yang berwarna-warni dan menarik. Jadi, mereka merasa bahwa mereka dapat melepaskan imajinasi mereka melalui teknik ini.