Abstrak
Edy Waloyo. An Analysis of the Implementation of Mind Mapping Technique in
Teaching Writing: A Case Study of the Eleventh Grade Students at Madrasah
Aliyah Negeri 13 Jakarta. Thesis. Graduate School of University of
Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, 2013.
Tujuan dari tesis ini adalah untuk menganalisis penerapan peta konsep
dalam pengajaran menulis, masalah guru dan siswa, dan tanggapan guru dan siswa
terhadap penggunaan peta konsep dalam pengajaran menulis teks khususnya narasi.
Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI ilmu sosial di Madrasah Aliyah Negeri
13 Jakarta.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif untuk menemukan
jawaban dari tujuan penelitian. Data dikumpulkan dengan observasi kelas,
wawancara guru dan siswa, dan lembar kerja siswa. Semua data dikumpulkan,
dianalisis, dan diklasifikasikan. Setelah itu data yang bisa mewakili untuk menjawab
tujuan penelitian diambil sebagai contoh. Contoh Data yang digunakan sebagai bukti
dari hasil penelitian.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peta konsep memiliki pengaruh
yang baik terhadap keterampilan siswa dalam menulis. Para siswa mengetahui
susunan teks narasi, tata bahasa dalam menulis narasi, dan bagaimana menentukan
urutan cerita berdasarkan peta konsep dan kata-kata kunci yang disediakan. Peta
konsep juga membuat siswa termotivasi untuk menulis karena siswa merasa
menikmati dan senang dengan melihat gambar-gambar yang berwarna-warni dan
menarik. Jadi, mereka merasa bahwa mereka dapat melepaskan imajinasi mereka
melalui teknik ini.