Abstrak
Nanang Asep Supriyatna. Penerapan Collaborative Learning Strategi Meningkatkan Keterampilan Mahasiswa 'Berbicara di 55 SMA Jakarta. Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2013. Masalah penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kemampuan berbicara siswa di Sekolah Menengah Atas, terutama di 55 SMA. Tujuannya adalah untuk menyelidiki apakah penerapan strategi pembelajaran kolaboratif dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Situs penelitian ini adalah SMAN 55 Jakarta, Jln. Minyak Raya Durentiga, Jakarta Selatan. Subyek adalah peneliti siswa kelas X-b dan X-c. Kegiatan pembelajaran didasarkan pada strategi pembelajaran kolaboratif. Data dikumpulkan dengan menggunakan tiga teknik: observasi, wawancara, dan berbicara uji kinerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berbicara tentang peserta yang diajarkan menggunakan strategi pembelajaran kolaboratif ditingkatkan. Selain motivasi belajar siswa setelah diajarkan dengan menggunakan teknik kolaboratif juga meningkat. Berdasarkan temuan dari penelitian ini, guru bahasa Inggris disarankan untuk mengintegrasikan teknik pembelajaran kolaboratif ke dalam pengajaran mereka di SMA. Implikasi pedagogis ini temuan penelitian bahwa pentingnya kemampuan berbahasa meningkatkan siswa menggunakan teknik menarik dan menantang adalah sangat penting. Akhirnya saran juga diberikan bagi para peneliti masa depan untuk mereplikasi penelitian serupa untuk meningkatkan keterampilan lain siswa.