Abstrak
Sri Kusuma Ningsih. Mengevaluasi ESP Coursebook dari Semester I Grafis Mahasiswa Desain di Politeknik Negeri Media Kreatif, Jakarta. Tesis. Posting program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof Dr HAMKA 2011. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi apakah ESP coursebook dari semester pertama siswa Desain Grafis cocok untuk memenuhi Desain Grafis kebutuhan siswa dan kebutuhan industri. Kerangka teori dari penelitian ini pada dasarnya menggabungkan satu set Kriteria yang diajukan oleh Romero (1975), Tomlinson (1998), dan Brown (2001). The Kriteria meliputi penampilan fisik dari buku, isi, tata bahasa, kosa kata, latihan dan kegiatan, serta penilaian umum. Desain penelitian ini adalah kualitatif yang meliputi karakteristik kasus studi. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dibagikan kepada 47 peserta (yang terdiri dari 40 siswa Desain Grafis dan tujuh Desain Grafis praktisi) dan wawancara yang diberikan kepada 15 peserta (terdiri dari 10 siswa Desain Grafis dan lima praktisi Desain Grafis). Temuan ini mengungkapkan bahwa kedua mahasiswa Desain Grafis dan praktisi memiliki pendapat positif tentang coursebook ESP. Mayoritas mahasiswa dan praktisi menyatakan bahwa semua elemen di coursebook yang sangat sesuai dengan kebutuhan desainer grafis. Topik-topik yang disajikan yang menarik dan relevan dengan mahasiswa desain grafis dan kebutuhan industri. Selain itu, tata bahasa dasar, kosa kata, latihan dan kegiatan yang disediakan sudah cukup untuk semester pertama Siswa Desain Grafis. Hal ini menunjukkan bahwa kandungan dalam coursebook adalah up-to Tanggal dan membantu bagi siswa untuk memahami kelas bahasa Inggris dan lainnya penting, mencakup topik yang relevan dengan industri desain grafis. Dan yang paling Menariknya, coursebook ini sejalan dengan teori ESP yang sedikit, jika ada, tersedia untuk PoliMedia di seluruh Indonesia. Namun, berdasarkan sugestions peserta, agar lebih berkualitas, coursebook harus diubah dengan menggunakan berbagai jenis tata letak, jenis huruf, dan ilustrasi petunjuk mencerminkan suasana desain grafis. topik lainnya dan kegiatan berbicara perlu berkembang yang memungkinkan peserta meningkatkan motivasi mereka dalam belajar bahasa Inggris dan keterampilan bahasa Inggris mereka. Kata kunci: evaluasi, ESP coursebook, desain grafis, desain grafis siswa pendapat, praktisi desain grafis 'pendapat, politeknik.