Abstrak
KHUSNUL KHOTIMAH. ?Hubungan budaya organisasi dan sarana prasarana pembelajaran dengan motivasi kerja guru sekolah menengah kejuruan negeri kelompok pariwisata di Jakarta Selatan?. Tesis : Sekolah Pascasarjana Program Studi Magister Administrasi Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Jakarta 2014. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui, mengkaji, dan menganalisis adanya hubungan budaya organisasi dan sarana prasarana pembelajaran dengan motivasi kerja guru. Hipotesis yang diuji adalah: (1) terdapat hubungan positif antara budaya organisasi dengan motivasi kerja guru; (2) terdapat hubungan positif antara sarana prasarana pembelajaran dengan motivasi kerja guru; dan (3) terdapat hubungan positif antara budaya organisasi dan sarana prasarana pembelajaran secara bersamasama dengan motivasi kerja guru. Untuk hasil penelitian dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut: Pertama terdapat hubungan positif dan signifikan antara budaya organisasi (X1) dengan motivasi kerja guru (Y) dengan persamaan regresi Ŷ = 87,647 + 0,510X1 , dengan koefisien korelasi ry1 = 0,401 dan koefisien determinasi D = (ry1)2 = 16,054% signifikan pada ∝ = 0,05. Kedua terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara sarana prasarana pembelajaran (X2) dengan motivasi kerja guru (Y) dengan persamaan regresi Ŷ = 94,127 + 0, 463X2, dengan koefisien korelasi ry2 = 0,380 dan koefisien determinasi D = (ry2)2 = 14,428% signifikan pada ∝ = 0,05. Ketiga terdapat hubungan positif dan signifikan antara budaya organisasi (X1) dan Sarana Prasana Pembelajaran (X2) secara bersama-sama dengan motivasi kerja guru (Y) dengan persamaan regresi 1 2 Y?  51,446  0,765X  0,251X , dengan koefisien korelasi Ry12 = 0,403 dan koefisien determinasi R2 = 16,24% signifikan pada ∝ = 0,05.