Abstrak
Astri Ratna Dewi. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Kecerdasan Emosional Guru terhadap Disiplin Kerja Guru di Sekolah Dasar Negeri Wilayah Binaan III Kecamatan Kemayoran Jakarta Pusat. Tesis. Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR.HAMKA, 2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui:1) pengaruh gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap disiplin kerja guru di Sekolah Dasar Negeri Wilayah Binaan III Kecamatan Kemayoran Jakarta Pusat, 2). pengaruh kecerdasan emosional guru terhadap disiplin kerja guru di Sekolah Dasar Negeri Wilayah Binaan III Kecamatan Kemayoran Jakarta Pusat, dan 3) pengaruh gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kecerdasan emosional guru di Sekolah Dasar Negeri Wilayah Binaan III Kecamatan Kemayoran Jakarta Pusat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan menggunakan jalur analisis. Populasi penelitian ini adalah semua guru di Sekolah Dasar Negeri Wilayah Binaan III Kecamatan Kemayoran Jakarta Pusat sebanyak 122 orang. Sampel penelitian ini sebanyak 85 orang yang diambil dengan menggunakan tabel Isaac dan Michael. Teknik yang digunakan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data variable disiplin kerja guru, gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah, dan kecerdasan emosional digunakan teknik angket dengan skala Lima (Likert). Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi, determinasi, uji F dan uji t serta analisis jalur (Path Analisis) Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) ? terdapat pengaruh langsung positif gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap disiplin kerja guru?, (2) ? terdapat pengaruh langsung positif kecerdasan emosional guru terhadap disiplin kerja guru?, dan (3) ?terdapat pengaruh langsung positif gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kecerdasan emosional guru di Sekolah Dasar Negeri Wilayah Binaan III Kecamatan Kemayoran Jakarta Pusat. Hal tersebut ditunjukkan dengan :1).F hitung = 48.49 ˃ F table = 3.96 dan t hitung = 7.20 ˃ t table = 1.67 pada taraf signifikan 5% , kontribusi gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap disiplin kerja guru sebesar 37.21% dan ϸ 31 = 0.070; 2). F hitung = 93.83 ˃ F table = 3.96 dan t hitung = 9.70 ˃ t table = 1.66, pada taraf signifikan 5%, kontribusi kecerdasan emosional guru terhadap disiplin kerja guru sebesar 53.14% dan ϸ 32 = 0.877 ; dan 3).F hitung = 151.69 ˃ F table = 3.96 dan t hitung = 12.23 ˃ t table = 1.66 pada taraf signifikan 5% , kontribusi gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kecerdasan emosional guru sebesar 64.32% dan ϸ 21 = 0.802.