Abstrak
KemPenelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi dengan model sinektik. Suatu penelitian tindakan kelas pada siswa kelas X.8 SMA Negeri 101 Jakarta tahun 2012 / 2013. Data penelitian ini diambil dari kelas X.8 SMA Negeri 101 Jakarta semester ganjil untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam pengajaran aspek menulis puisi. Subjek penelitian ini berjumlah 30 siswa. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan pengamatan, wawancara, catatan lapangan, dokumentasi, hasil tulisan siswa, dan dokumentasi foto kegiatan. Teknik analisis data penelitian ini mencakup analisis tindakan yang dilakukan secara kualitatif, sedangkan analisis hasil dilakukan secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model sinektik dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas X 8 SMA N 101 Jakarta Barat dalam menulis puisi. Hasil pelaksanaan tindakan siklus 1 dan 2 telah mengalami peningkatan, skor rata-rata menulis puisi yang diperoleh sebelum tindakan adalah 57.03, sedangkan skor rata-rata yang dicapai pada akhir siklus 1 adalah 68.97 yang menjadi tolak ukur kemampuan menulis puisi siswa. Di siklus 2 skor rata-rata meningkat menjadi 79.50. selain itu, terjadi peningkatan kualitas proses pembelajaran menulis puisi, siswa menjadi lebih bertanya, menjawab pertanyaan, mengemukakan pendapat, dan berantusias saat pembelajaran menulis puisi berlangsung. Berdasarkan uraian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran dinektik dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis puisi. Kata kunci : menulis, puisi, model sinektik