Abstrak
Narsun. Peningkatan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah melalui Pendekatan Kontekstual pada Kelas XI SMA: Penelitian tindakan di SMA Pondik Aren (2009). Tesis, Tangerang: Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka,2009. Tujuan penelitian ini adalah peningkatan kemampuan menulis karya ilmiah meliputi aspek struktur kalimat, kata atau diksi, pengungkapan gagasan, ejaan dan pungtuasi melalui pendekatan kontekstual. Penelitian tindakan ini dilaksanakan dengan menggunakan metodologi kualitatif dan kuantitatif. Metodologi kualitatif tersebut dilaksanakan dengan beberapa modifikasi untuk proses kemampuan menulis siswa. Sementara itu metodologi kuantitatif digunakan untuk mengukur peningkatan menulis karya ilmiah sebelum dan setelah diberikan tindakan. Siswa diberikan peningkatan kemampuan menulis karya ilmiah selama tiga bulan pada tahun pembelajaran 2008/2009. Penelitian tindakan ini dilaksanakan terdiri dari 2 siklus. Data penelitian dikumpulkan secara kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif dikumpulkan melalui pengamatan, evaluasi dan refleksi. Data kuantitatif dikumpulkan melalui hasil penilaian selama proses penelitian tndakan. Kolaborator berfungsi hanya membantu peneliti untuk mengumpulkan data selama penelitian. Data penelitian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif dianalisis dengan mengkoding data dan triangulasi untuk pemeriksaan keabsahan data.Data kuantitatif dianalisis dengan uji perbedaan sebelum dan setelah diberikan tindakan. Penemuan hasil penelitian secara kualitatif adalah kemampuan menulis karya ilmiah melalui pendekatan kontekstual dapat meningkatkan kemampuan siswa secara signifikan, hasil tersebut bedasarkan analisis pengamatan dan hasil wawancara terhadap siswa. Penemuan hasil penelitian secara kuantitatif berdasarkan hasil uji-t pada siklus kedua diperoleh nilai t=6,81 dengan t tabel (0,05) maka nilainya ada disebelah kanan dari tabel 1,8 sehingga t > 0,05.Berdasarkan hasil analisis data kualitatif dan kuantitatif maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan siswa untuk menulis karya ilmiah yang meliputi aspek struktur kalimat,kata atau diksi,pengungkapan gagasan,ejaan dan pungtuasi.