Abstrak
Yuni Rahayu Sugiarti, Peningkatan Pemahaman Bacaan Melalui Strategi Directed Reading Activity (Penelitian Tindakan di Kelas V SDN Negeri Sukamanah 03 Cikarang). Tesis, Jakarta : Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2013. Penelitian tindakan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam pemahaman bacaan melalui strategi Directed Reading Activity . Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Negeri Sukamanah 03 Cikarang semester genap tahun akademik 2012/2013. Data dikumpulkan melalui beberapa cara, yaitu : observasi, tes awal, dan tes akhir. Diawali dengan pemberian tes awal, peneliti membuat rencana tindakan untuk diimplementasikan melalui langkah-langkah dalam siklus-siklus guna meningkatkan pemahaman bacaan siswa. Tes akhir merupakan alat untuk mengevaluasi tindakan selama proses pembelajaran. Instrumen dari penelitian tindakan ini adalah peneliti sendiri, dan tes yang diberikan. Terdapat beberapa aspek yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami bacaan bahasa Indonesia, yaitu mengenal kata-kata dan mengelompokannya, mencari makna kata dari bacaan, memahami informasi secara explisit, memahami hubungan antar kalimat, memahami hubungan makna dengan hubungan kohesi, sinonim dan antonim, biasamenarik kesimpulan bacaan. Penelitian ini berlangsung selama 9 kali pertemuan yang dilaksanakan dalam tiga siklus dengan materi ajar didasarkan KTSP. Penelitian dilakukan dalam tiga siklus. Data yang dianalisis adalah data kualitatif dan kuantitatif. Peningkatan pemahaman bacaan siswa dapat diamati melalui proses pembelajaran dan dari hasil tes. Adapun tes dilaksanakan meliputi tes awal, siklus 1, siklus 2 dan siklus 3. Nilai rata-rata tes awal adalah 47, nilai rata-rata siklus 1 adalah 58, nilai rata siklus 2 adalah 63, sedangkan nilai rata-rata siklus 3 adalah 69. Dilihat dari nilai rata-rata tes tersebut terjadi peningkatan kemampuan siswa dalam pemahaman bacaan. Penelitian ini membuktikan bahwa kemampuan pemahaman bacaan siswa melalui strategi Directed Reading Activity (DRA) mampu memberikan hasil yang baik. Hal tersebut ditunjukkan dari semakin meningkatnya kemampuan siswa dalam pemahaman bacaan dari setiap siklusnya. Oleh karena itu, penggunaan strategi Directed Reading Activity (DRA) disarankan digunakan untuk materi ajar membaca pada siswa SD.