Abstrak
Penulis melakukan penelitian dalam ruang lingkup konsep pendidikan budi pekerti.Pendidikan yang berbasisKeislaman sangat dibutuhkan untuk mengembangkan kemampuan lahiriah dan rohaniah anak didik. Karena dalam mengahadapi era modernisasi dan globalisasi, sangat dibutuhkan kemapanan diri pada diri setiap individu.Modernisasitelah memberikan dampak baik positif maupun negatif. Kenyataannya, akibat kecanggihan tekhnologi, banyak terjadi penyalahgunaan terhadap pornografi. Kenakalan remaja dan tindakan kriminalitas semakin marak. Oleh karena itu dibutuhkan penanaman budi pekerti terhadap diri individu sejak dini. Yang dapat mengembangkan anak didik pada perkembangan diri yang baik, dan tidak hanya menjadikan anak didik cerdas dalam intelektualitas saja, akan tetapi menjadikan anak didik pada akhlākal-Karīmah .Oleh karena itu, untuk memahami pendidikan budi pekerti, penulis lebih memusatkan pada konsep pendidikan budi pekerti menurut Ki Hajar Dewantara dan Hamka.