Abstrak
R. Soni Siti Sondari. Pengaruh Kemandirian Guru dan Iklim Kerja Terhadap Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri se-Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan. Tesis. Program Magister Administrasi Pendidikan (MAP) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2011. Tesis ini bertujuan untuk mengetahui dan mengungkap pengaruh kemandirian guru dan iklim kerja terhadap efektivitas kepemimpinan kepala sekolah Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri se-Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan. Hipotesis yang diuji adalah: 1) Terdapat pengaruh langsung kemandirian guru terhadap efektivitas kepemimpinan kepala sekolah, 2) Terdapat pengaruh langsung iklim kerja guru terhadap efektivitas kepemimpinan kepala sekolah, dan 3) Terdapat pengaruh langsung kemandirian guru terhadap iklim kerja Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif - causal research sehingga dapat mendeteksi pengaruh antarvariabel, yaitu Kemandirian Guru (X1), Iklim Kerja (X2), dan Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah (X3). Populasi dalam penelitian ini adalah guru-guru SMP Negeri se-Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportional random sampling . Sebagai sampel penelitian adalah 60 guru SMP Negeri se-Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan. Data diperoleh dari kuesioner yang diberikan kepada para responden. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh langsung kemandirian guru terhadap efektivitas kepemimpinan kepala sekolah dengan koefisien sebesar ρ21 = 0,79, 2) Terdapat pengaruh langsung iklim kerja guru terhadap efektivitas kepemimpinan kepala sekolah dengan koefisien sebesar ρ31 = 0,68 , dan 3) Terdapat pengaruh langsung kemandirian guru terhadap iklim kerja ρ32 = 0,91. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi landasan penelitian lanjutan yang berkaitan dengan kemandirian guru, iklim kerja, dan efektivitas kepemimpinan kepala sekolah.