Abstrak
Evaluasi Program Pendidikan Sistem Ganda/Praktik Industri (Suatu Penelitian Evaluatif berdasarkan Model CIPP (Context, Input, Process, Product) ,mengenai Program Pendidikan Sistem Ganda) Di Sekolah Menengah Negeri (SMKN) 57 Jakarta. Tesis Magister Administrasi Pendidikan. Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, Oktober 2013. Program Pendidikan Sistem Ganda Sekolah Menengah Kejuruan adalah sistem pelatihan pendidikan bagi kompetensi kejuruan yang dilakukan di sekolah kejuruan dan kerja bisnis untuk menghasilkan tenaga tingkat menengah dengan keterampilan khusus. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mendeskripsikan pelaksanaan praktek kerja industri, (2) mendeskripsikan hasil pelaksanaan praktek kerja industri, (3) mengetahui kesesuaian hasil program dengan tujuan program Pendidikan Sistem Ganda di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 57 Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, Product). Objek penelitian yang terdiri dari; Kepala SMKN 57 , Wakil Kepala Hubungan Industrial , Wakil Kepala Sekolah Kurikulum, Ketua Program tata boga , guru tata boga , pembimbing industri , siswa kelas tiga tata boga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMK Negeri 57 telah melaksanakan program sesuai dengan tujuan program Pendidikan Sistem Ganda. Hal ini didukung oleh pengetahuan, keterampilan dasar dan kemampuan dan sosialisasi oleh sekolah. Kegiatan siswa dalam praktek kerja industri berjalan dengan baik karena didukung oleh kemampuan mereka untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan industri . Tanggung jawab guru pembimbing juga baik, ditunjukkan oleh kunjungan mereka ke industri selama siswa melaksanakan praktek kerja industri walaupun intensitasnya masih belum maksimal, Kunjungan tersebut meningkatkan motivasi belajar siswa dan mendukung mereka. Peembimbing di industri juga melakukan bimbingan dengan baik, selama siswa melaksanakan praktek kerja industri . Pembimbing di industri senantiasa memberi pengarahan kepada para siswa selama pelaksanaan, seperti, kehadiran, disiplin, motivasi ,mutu kerja, inisiatif , kreativitas, sikap dan kinerja. Sedangkan kekurangan yang harus diperbaiki oleh SMK Negeri 57 dalam pelaksanaan pendidikan Sistem Ganda, adalah persyaratan siswa perlu ditinjau kembali, metoda dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah, intensitas monitoring siswa, serta penguasaan bahasa Inggris siswa yang harus ditingkatkan. Dalam pencapaian akhir , sebagian besar siswa berada dalam kategori memuaskan dan hanya sedikit yang berada pada kategori kurang memuaskan.