Abstrak
DAMIRAH. Hubungan antara Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Etos Kerja Guru dengan Mutu Pelayanan Pendidikan Se Kecamatan Pasar Minggu Kota Madya Jakarta Selatan. Tesis. Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka, Agustus 2013. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang (1) hubungan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dengan Mutu Pelayanan Pendidikan; (2) hubungan Etos Kerja Guru dengan Mutu Pelayanan Pendidikan; (3) hubungan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Etos Kerja Guru secara bersama-sama dengan Mutu Pelayanan Pendidikan. Metode penelitian adalah kuantitatif jenis deskriftif studi korelasional dengan pola kanjian korelatif dengan menempatkan variable penelitian dalam dua kelompok yaitu variable bebas dan variable terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah guru-guru SMK Negeri se-Kecamatan Passar Minggu Kota Madya Jakarta Selatan yang berjumlah 134 guru dari 4 SMK Negeri. Untuk menentukan sampel digunakan teknik simple random sampling sehingga didapatkan sampel sebanyak 100 orang guru SMK Negeri se Kecamatan Pasar Minggu Kota Madya Jakarta Selatan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dengan skala likert. Teknik analisis data menggunakan teknik korelasi dan regresi sederhana serta ganda. Hasil penelitian menunjukan (1) terdapat hubungan yang positif antara Gaya Kepemimpinan kepala Sekolah dengan Mutu Pelayanan Pendidikan, dengan = 0,959 > = 0,195 dan = 9,057 > = 1,98 sumbangan efektif yang diberikan oleh variable Gaya kepemimpinan Kepala sekolah kepada mutu pelayanan pendidikan adalah sebesar 45,56%, (2) terdapat hubungan positif antara Etos kerja guru dengan mutu pelayanan pendidikan dengan = 0,955 > = 0.195 dan = 8,467 > = 1,98 sumbangan efektif yang diberikan oleh variable Etos kerja guru kepada mutu pelayanan pendidikan adalah sebesar 42,25% dan (3) terdapat hubungan yang positif antara Gaya kepemimpinan Kepala sekolah dan etos kerja guru secara bersama-sama dengan mutu pelayanan pendidikan dengan = 64,41 > = 3,09 Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh disarankan dalam penelitian ini (1) hendaknya kepala sekolah terus berusaha menggunakan gaya yang sesuai dalam kepemimpinannya agar mampu mempengaruhi warga sekolah dalam rangka untuk meningkatkan mutu pelayanan pendidikan , (2) hendaknya kepala sekolah juga memperhatikan etos kerja guru sehingga mutu pelayanan pendidikan dapat meningkat, (3)Pihak sekolah hendaknya memberikan perhatian kepada guru dalam hal pemenuhan hak-hak sesuai dengan peraturan dan perundangan-undangan yang berlaku sehingga guru dapat meningkatkan etos kerjanya dalam pencapaian mutu pelayanan pendidikan.