Abstrak
Ummul Fitri, Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Disiplin Guru terhadap Komitmen Guru Sekolah Dasar Negeri Inklusif di Kota Administrasi Jakarta Barat. Tesis. Jakarta: Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA. 2013. Tujuan penelitian untuk mempelajari pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah dan Disiplin guru terhadap Komitmen guru Sekolah Dasar Negeri Inklusif di Kota Administrasi Jakarta Barat. Penelitian dilakukan dengan metode penelitian lapangan melalui survei, menggunakan kuisioner dan pendekatannya dengan analisis jalur. Populasi dalam penelitian ini adalah guru Sekolah Dasar Negeri Inklusif di Kota Administrasi Jakarta Barat dengan menggunakan teknik simpel random sampling. Pada penelitian terdapat 3 hipotesis, yaitu terdapat pengaruh positif dan langsung: 1) gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap Komitmen guru 2) Disiplin guru terhadap Komitmen guru, dan 3) gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap Disiplin guru. Uji coba intrumen untuk mendapatkan validitas butir pernyataan dan dan reliabilitas instrumen dengan menggunakan rumus Pearson Product Moment dan Alpha Cronbach. Instrumen komitmen guru memiliki reliabilitas rii = 0,967, gaya kepemimpinan kepala sekolah memiliki reliabilitas rii = 0,955, dan Disiplin guru memiliki reliabilitas rii Ramalan hubungan dianalisis dengan menggunakan regresi tunggal sederhana. Besarnya pengaruh diukur dengan path analysis Hasilnya disimpulkan bahwa: 1) terdapat pengaruh positif dan langsung yang sangat signifikan gaya kepemimpinan kepala sekolah (X = 0,960. 1) terhadap komitmen guru (X3 3 X? ) memperoleh persamaan regresi = 63,052 + 0,522X1, koefisien korelasi r13= 0,625 dan koefisien pengaruh X1 terhadap X3 p31 = 0,37 pada taraf signifikansi α = 0,05, (2) terdapat pengaruh positif dan langsung yang sangat signifikan disiplin guru (X2) terhadap komitmen guru (X3 3 X? ) memperoleh persamaan regresi = 34,078 + 0,706X2 koefisien korelasi r23 = 0,654, dengan koefisien pengaruh X2 terhadap X3 p32= 0,42, pada taraf signifikansi α = 0,05 (3) terdapat pengaruh positif dan langsung yang signifikan gaya kepemimpinan kepalasekolah (X1 2 X? ) terhadap disiplin guru memperoleh persamaan regresi = 71,670 + 0,479X1, koefisien korelasi r12 = 0,620 dengan koefisien pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah (X1) terhadap disiplin guru p21 Hasil penilitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi dunia organisasi pendidikan. Khususnya untuk Komitmen guru Sekolah Dasar Negeri Inklusif di Kota Administrasi Jakarta Barat. Beberapa saran yang dapat diberikan di antaranya adalah; (1) perlu dilakukan peningkatan komitmen guru melalui efektivitas gaya kepemimpinan kepala, (2) perlu pembinaan secara rutin terhadap disiplin guru, (3) perlu peningkatan komitmen guru melalui pelatihan, pendidikan, dan (4) perlu dilanjutkan penelitian tentang studi komitmen guru melalui penelitian lain, baik secara kuantitatif maupun kualitatif dari variabel lain agar komitmen guru dapat dilihat secara lebih komprehensif.