Abstrak
ACEP ZAENAL ABIDIN. Hubungan antara Supervisi Kepala Sekolah dan Kompetensi Guru dengan Etos Kerja Guru Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri di Kecamatan Tanah Abang Jakarta Pusat. Tesis. Jakarta: Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka Jakarta, 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan antara supervisi kepala sekolah dengan etos kerja guru, (2) hubungan antara kompetensi guru dengan etos kerja guru, (3) hubungan antara supervisi kepala sekolah dan kompetensi guru secara bersama-sama dengan etos kerja guru. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri di Kecamatan Tanah Abang Jakarta Pusat. Hipotesis penelitian yang diajukan adalah; (1) terdapat hubungan positif antara supervisi kepala sekolah dengan etos kerja guru, (2) terdapat hubungan positif antara kompetensi guru dengan etos kerja guru, dan (3) terdapat hubungan positif antara supervisi kepala sekolah dan kompetensi guru secara bersama-sama dengan etos kerja guru. Metode penelitian ini menggunakan metode survey dengan teknik korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah guru Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri di Kecamatan Tanah Abang Jakarta Pusat sebanyak 164 orang guru. Sampel diambil sebanyak 116 orang guru dari populasi yang ada. Sampel dipilih dengan teknik acak berimbang (proportional random sampling), sedangkan untuk ujicoba instrumen diambil sebanyak 30 orang. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat hubungan positif antara supervisi kepala sekolah dengan etos kerja guru dengan koefisien korelasi ry1 sebesar 0,693 dan persamaan regresi pada taraf signifikansi α = 0,05. Hal ini menyebabkan hipotesis nol ditolak dan hipotesis penelitian diterima, sebab harga Fhitung = 105,42 > Ftabel = 6,84. Oleh sebab itu persamaan regresi sangat signifikan, (2) Terdapat hubungan positif antara kompetensi guru dengan etos kerja guru, dengan koefisien korelasi ry2 sebesar 0,713 dan persamaan regresi pada taraf signifikansi α = 0,05. Hal ini menyebabkan hipotesis nol ditolak dan hipotesis penelitian diterima, sebab harga Fhitung = 117,69 > Ftabel = 6,84.Oleh sebab itu persamaan regresi signifikan (3) Terdapat hubungan positif antara supervisi kepala sekolah dan kompetensi guru secara bersama-sama dengan etos kerja guru dengan koefisien korelasi R sebesar 0,759 dan persamaan regresi jamak Ŷ = 26,96 + 0,32X1 + 0,45X2 dan harga Fhitung = 76,67 > Ftabel = 4,78 pada taraf signifikansi α = 0,05. Dengan demikian hipotesis nol ditolak dan hipotesis penelitian diterima pada taraf signifikansi 0,05. 2 X 72 , 0 01 , 36 Y?   Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) terdapat hubungan positif antara supervisi kepala sekolah dengan etos kerja guru Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri di Kecamatan Tanah Abang Jakarta Pusat. (2) terdapat hubungan positif antara kompetensi guru dengan etos kerja guru Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri di Kecamatan Tanah Abang Jakarta Pusat. (3) terdapat hubungan positif antara supervisi kepala sekolah dan kompetensi guru secara bersama-sama dengan etos kerja guru Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri di Kecamatan Tanah Abang Jakarta Pusat. Implikasi penelitian menekankan pada upaya untuk meningkatkan supervisi kepala sekolah (variable X1) dan kompetensi guru (variable X2), sehingga etos kerja (variable Y) dapat meningkat. Sedangkan saran-saran yang diberikan diperuntukkan bagi Pengawas Pendidikan dan Suku Dinas Pendidikan Propinsi DKI Jakarta, kepala sekolah, guru, dan peneliti lain.