Abstrak
Dalam konteks pembangunan sumber daya manusia, pendidikan sebagai usaha sadar yang diarahkan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar dapat diwujudkan dalam bentuk kemampuan, keterampilan, sikap, dan kepribadian yang sesuai dengan tujuan pendidikan nasional. Hal ini berkaitan dengan undang-undang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS) no. 20 tahun 2003 bab II pasal 3. Berdasarkan tujuan penelitian yaitu, untuk mengetahui implementasi dan efektifitas metode resitasi dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam terhadap prestasi belajar siswa di SMA Negeri 3 Tangerang. Maka, metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kuantitatif yang meliputi metode survey, yaitu penelitian yang digunakan untuk melakukan perlakuan dalam pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner, tets, wawancara, dan sebagainya. Adapun populasinya adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 3 Tangerang tahun ajaran 2012-2013 sebanyak 279 siswa, dan sampel dalam populasi adalah kelas X.9 SMA Negeri 3 Tangerang sebanyak 30 siswa. Dari hasil penelitian, penulis mendapatkan hasil analisis menunjukan 28,72% metode resitasi dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil rumus product moment 0,536 dan r tabel 0,374 dengan taraf signifikan 5%, ini berarti r hitung lebih besar dibandingkan dengan r tabel (0,536 > 0,374). Dengan demikian, interpretasinya adalah sedang/cukup karena berada pada rentangan 0,40-0,60. Sehingga dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara metode resitasi dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap prestasi belajar siswa. Sedangkan, 71,28% prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.