Abstrak
Gunawan Pambudi, Hubungan Antara Supervisi Kepala Sekolah dan Iklim Organisasi Sekolah Dengan Kepuasan Kerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri di Jakarta Pusat. Tesis. Program Studi Administrasi Pendidikan, Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Oktober 2013. Tesis ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis hubungan antara supervisi kepala sekolah dan iklim organisasi sekolah dengan kepuasan kerja guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri di Jakarta Pusat. Metode penelitian ini menggunakan metode survei dengan teknik korelasional. Pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan, wawancara dan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah guru yang bertugas di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMK N) di Jakarta Pusat. Kemudian populasi target dalam penelitian ini sebanyak 170 orang dan sampel yang diambil dengan menggunakan rumus Slovin untuk menentukan populasi terjangkau, sehingga guru yang dijadikan sampel adalah 119 orang dengan sebarannya yaitu pada SMK Negeri 1 Jakarta sebanyak 52 orang, SMK Negeri 31 sebanyak 26 orang dan SMK Negeri 39 sebanyak 41 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara supervise kepala sekolah dengan kepuasan kerja guru dengan persamaan regresi Ŷ = 74,517 + 0,481 X1, dengan koefisien korelasi ry1 = 0,481 dan koefisien determinasi (ry1)2 = 0,231 signifikan pada α = 0,05, (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara iklim organisasi sekolah dengan kepuasan kerja guru dengan persamaan regresi Ŷ = 45,249 + 0,690 X2, dengan koefisien korelasi ry2 = 0,630 dan koefisien determinasi (ry2)2 = 0,397 signifikan pada α = 0,05, dan (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara supervise kepala sekolah dan iklim organisasi sekolah secara bersama-sama dengan kepuasan kerja guru dengan persamaan regresi Ŷ = 32,503 + 0,570 X1 + 0,214 X2, dengan koefisien korelasi Ry.12 = 0,656 dan koefisien determinasi (Ry.12)2 = 0,431 signifikan pada α = 0,05 Dengan demikian maka dapat dikatakan bahwa antara supervise kepala sekolah dan iklim organisasi sekolah, baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama dapat memberi sumbangan yang sangat berarti dalam upaya meningkatkan kepuasankerja guru. Oleh karena itu diharapkan agar hasil penelitian ini dapat dijadikan acuan dalam upaya meningktkan kepuasan kerja guru.