Abstrak
MASLIKHATIEN. Hubungan antara Iklim Sekolah dan Komitmen Sekolah dengan Kepuasan Guru Sekolah Menengah Kejuruan Negeri di Wilayah Jakarta Utara. Tesis. Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. 2013 Penelitian ini bertujuan untuk menelaah dan mengkaji mengenai hubungan antara (1) iklim sekolah dan kepuasan guru, (2) komitmen sekolah dan kepuasan guru, dan (3) iklim sekolah dan komitmen sekolah dengan kepuasan guru Hipotesis yang diuji adalah: (1) terdapat hubungan positif antara iklim sekolah dan kepuasan guru, (2) terdapat hubungan positif antara komitmen sekolah dan kepuasan guru, (3) terdapat hubungan positif antara iklim sekolah dan komitmen sekolah secara bersama-sama dengan kepuasan guru Metode penelitian yang digunakan adalah survey. Populasi dalam penelitian ini adalah guru SMK Negeri di Wilayah Jakarta Utara yang berjumlah 120 guru. Sampel berjumlah 84 orang guru dengan menggunakan teknik acak sederhana (Simple Random Sampling) Instrumen yang digunakan untuk menjaring data variabel iklim sekolah, komitmen sekolah, dan kepuasan guru dengan angket model skala Likert. Keterandalannya (Reliabilitas) dihitung dengan rumus Alpha Cronbachs. Hasil uji coba untuk variabel iklim sekolah adalah sebesar r11 = 0,9174; hasil uji coba untuk variabel komitmen sekolah adalah sebasar r11 = 0,9559; dan hasil uji coba untuk variabel kepuasan guru adalah sebesar r11 = 0,9502. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial, untuk pengujian hipotesis digunakan statistik korelasi sederhana, ganda dan parsial, serta regresi sederhana dan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, terdapat hubungan positif dan signifikan antara iklim sekolah dan kepuasan guru, dengan persamaan regresi Ŷ= 39,83 + 0,76X1 dan koefesien korelasi ry1 = 0,727; pada taraf signifikansi α = 0,05.Kedua, terdapat hubungan positif dan signifikan antara komitmen sekolah dan kepuasan guru, dengan persamaan regresi Ŷ= 34,42 + 0,78X2 dan koefesien korelasi ry2 = 0,760; pada taraf signifikansi α = 0,05. Ketiga, terdapat hubungan positif dan signifikan antara iklim sekolah dan komitmen sekolah dengan kepuasan guru, dengan persamaan regresi Ŷ= 22,59 + 0,400X1 + 0,508X2 dan koefesien korelasi Ry.12 = 0,807; pada taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian juga menyimpulkan bahwa kepuasan guru (Y) dapat ditingkatkan dengan cara meningkatkan iklim sekolah (X1) dan meningkatkan komitmen sekolah (X2) Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai umpan balik, memberikan kontribusi dan sebagai sarana dalam meningkatkan kepuasan guru.