Abstrak
WINAWATI.Optimalisasi Total Quality Manajemen di Sekolah Dasar Islam Al Azhar(Studi Kasus Implementasi Management Mutu Terpadu di SD Islam Al Azhar 13 Rawamangun).Tesis. Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2013).
Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui optimalisasi Total Quality
Management (TQM) di SD Islam Al Azhar (SDIA) dalam rangka upaya peningkatan mutu secara terus menerus.SDI Al Azhar adalah sekolah yang berusaha memadukan Kurikulum Kemendikbud dan Kurikulum Kementerian Agama.SDI Al Azhar mempunyai visi dan misi sebagai acuan semua kegiatan agar semua terarah, terprogram, dan terkoordinir.Agar visi dan misi tersebut dapat tercapai, maka upaya
peningkatan mutu secara terus menerus harus dilakukan.Tema yang penulis teliti berkaitan dengan pelaksanaan TQM di Sekolah Dasar. Penulis menganggap hal ini penting dan perlu diteliti di tengah kondisi meningkatnya tuntutan masyarakat pada sekolah sebagai tempat untuk memberikan bekal hidup berupa pengetahuan, keterampilan, nilai sikap, akhlakul karimah, dan karakter bangsa serta meningkatnya
persaingan antar sekolah untuk menarik minat masyarakat agar mempercayakan putra-putrinya dididik di sekolah. Fokus dalam penelitian ini adalah ?Bagaimana mengoptimalkan pelaksanaan
Total Quality Management di SDI Al Azhar dalam rangka meningkatkan daya saing? meliputi upaya-upaya SDI Al Azhar 13 Rawamangun untuk meningkatkan kepuasan terhadap pelanggan.Lokasi penelitian dilakukan di SDI Al Azhar 13 Rawamangun yang berlokasi di Jl. Sunan Giri No. 1 Rawamangun karena penelitian ini belum pernah dilakukan sebelumnya, dan peneliti memandang perlu untuk meneliti upayaupaya
sekolah untuk meningkatkan kepuasan terhadap pelanggan.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan enomenologi.Jenis penelitianfenomenologi adalah jenis penelitian yang mengkaji gambaran mengenai hubungan antara fenomena dan sebabnya, konteks, tindakan dan akibat.Atas dasar caramencapai
kebenaran ini, fenomenologi menghendaki kesatuan antara subyek peneliti dengan pendukung obyek penelitian. Informan dalam penelitian ini meliputi kepala sekolah, para guru, siswa, orang tua siswa, staf yayasan, dan pihak terkait lainnya. Pengumpulan data dilakukan
dengan wawancara mendalam (in depth intervieu), analisis dokumen tertulis, dan observasi. Analisis penelitian dilakukan menggunakan metode Miles Hubberman dengan teknik snowball , di mana penggalian data baru berhenti setelah informasi yang didapat mulai jenuh. Analisis dilakukan dengan melihat profil SDIA 13 Rawamangun, dan pelaksanaan Total Quality Manajemen, untuk mencapai visi dan misi sekolah.Setelah dilakukan triangulasi, hasil penelitian dideskripsikan dalam temuan penelitian. Hasilnya, upaya meningkatkan Total Quality Manajemen di SDI Al Azhar 13 Rawamangun harus terus dilakukan terutama upaya peningkatan kompetensi guru untuk mendisplay kelas dan pelengkapan sarana dan prasarana sekolah.