Abstrak
NURBAYANTI. Pengaruh Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah dan Iklim Organisasi Sekolah terhadap Etos Kerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan Teknologi Negeri (SMKN) di Jakarta Pusat. Tesis. : Jakarta: Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2013. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh langsung: (1) Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah terhadap Etos Kerja Guru, (2) Iklim Organisasi Sekolah terhadap Etos Kerja Guru, (3) Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah terhadap Iklim Organisasi Sekolah. Hipotesis yang diuji adalah: (1) terdapat pengaruh langsung positif Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah terhadap Etos Kerja Guru, (2) terdapat pengaruh langsung positif Iklim Organisasi Sekolah terhadap Etos Kerja Guru, (3) terdapat pengaruh langsung positif Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah terhadap Iklim Organisasi Sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey kausal. Populasi target dalam penelitian adalah seluruh guru Sekolah Menengah Kejuruan Teknologi Negeri (SMKN) di Jakarta Pusat, populasi terjangkau sebanyak 135 guru dan jumlah sampel penelitian sebanyak 100 guru dari empat Sekolah Menengah Kejuruan Teknologi Negeri (SMKN) di Jakarta Pusat dengan menggunakan teknik Proporsional Random Sampling. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner model skala Likert. Uji validitas dan reliabilitas dalam penelitian dilakukan dengan bantuan Komputer Program Excel. Data dianalisis dengan statistik deskriptif inferensial. Pengujian persyaratan statistik meliputi pengujian normalitas menggunakan uji lilliefors dan pengujian homogenitas menggunakan uji Bartlett. Hasil pengujian persyaratan statistik menunjukkan bahwa data dari ketiga variabel berdistribusi normal dan bersifat homogen. Pengujian hipotesis penelitian dilaksanakan dengan menggunakan teknik analisis regresi dan korelasi. Uji keberartian menggunakan taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, terdapat pengaruh langsung positif kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah terhadap Etos kerja guru, dengan persamaan regresi 3 ?X = 52.35 + 0.42X1, koefisien korelasi (r31) sebesar 0,088 dan koefisien jalur (p31) sebesar 0,262 dan koefisien determinasi sebesar 0,1505 pada taraf α = 0,05. Kedua, terdapat pengaruh langsung iklim organisasi sekolah terhadap etos kerja guru, dengan persamaan regresi 3 ?X = 26.53 + 0.62X2, koefosien korelasi (r32) sebesar 0,470 dan koefisien jalur (p32) sebesar 0,384 dan koefisien determinasi sebesar 0,2209 pada taraf α = 0,05. Ketiga, terdapat pengaruh langsung kepemimpinan visioner kepala sekolah terhadap iklim organisasi sekolah, dengan persamaan regresi 2 ?X = 87.96 + 0.27X1 dan koefisien korelasi (r21) sebesar 0,329 dan koefisien jalur (p21) sebesar 0,329 dan koefisien determinasi sebesar 0,1082 taraf α = 0,05 Hasil penelitian ini diharapkan berguna dalam upaya peningkatan Etos kerja guru karena hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kepemimpinan Visioner kepala sekolah dan iklim organisasi sekolah secara signifikan mampu meningkatkan Etos kerja guru Sekolah Menengah Kejuruan Teknologi Negeri (SMKN) di Jakarta Pusat.