Abstrak
RUSMIN NURYADIN, NIM. 0708036303, ?PENGARUH EFEKTIFITAS KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN PROFESIONALITAS GURU TERHADAP ETOS KERJA GURU SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI DI KECAMATAN SEPATAN KABUPATEN TANGERANG?, TESIS, SEKOLAH PASCASARJANA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA, JAKARTA, 2013. Penelitian dilatarbelakangi oleh adanya teori dan pemahaman berpikir bahwa kepemimpinan kepala sekolah yang efektif dan profesionalitas guru seyogyanya harus mampu meningkatkan etos kerja guru yang merupakan salah satu kunci keberhasilan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Tetapi pada kenyataannya di lapangan masih banyak terlihat etos kerja guru yang rendah. Oleh karenanya perlu dilakukan penelitian penyebab dari rendahnya etos kerja dalam hal ini seberapa besar variabel efektifitas kepemimpinan kepala sekolah dan variabel profesionalitas guru dapat mempengaruhi etos kerja guru secara parsial, dan seberapa besar pengaruh efektifitas kepemimpinan terhadap profesionalitas guru. Hipotesis penelitian ini adalah 1) Terdapat pengaruh langsung positif efektivitas kepemimpinan terhadap etos kerja guru SMP Negeri di wilayah Kecamatan Sepatan Kabupaten Tangerang. 2) Terdapat pengaruh langsung positif profesionalitas guru terhadap etos kerja guru SMP Negeri di wilayah Kecamatan Sepatan Kabupaten Tangerang. 3) Terdapat pengaruh langsung positif efektivitas kepemimpinan terhadap profesionalitas guru SMP Negeri di wilayah Kecamatan Sepatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan analisis jalur. Untuk kegiatan tersebut penelitian dilakukan terhadap populasi sebanyak 122 orang guru dari 3 SMP negeri di wilayah Kecamatan Sepatan Kabupaten Tangerang. Sampel yang diambil sebanyak 55 orang dengan cara acak sederhana. Pengambilan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Pengolahan data menggunakan SPSS versi 18. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa efektifitas kepemimpinan dan profesionalitas guru secara berpengaruh positif dan langsung terhadap setos kerja guru, begitu pula terlihat bahwa efektifitas kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh positif dan langsung terhadap profesionalitas guru.Pengujian hipotesis pertama, menunjukkan koefisien korelasi antara efektifitas kepemimpinan kepala sekolah dengan etos kerja guru sebesar 0,9332 atau KD = 0,87 menunjukkan bahwa 87% etos kerja guru ditentukan oleh efektifitas kepemimpinan kepala sekolah, selebihnya ditentukan oleh faktor lain. Persamaan regresi 3 = -9,415 + 0,973 mengindikasikan bahwa jika efektifitas kepemimpinan bertambah satu poin maka etos kerja guru akan mengalami peningkatan sebesar 0,973 pada konstanta -9,415. Pengujian hipotesis kedua, menunjukkan koefisien korelasi antara profesionalitas guru dengan etos kerja guru sebesar 0,9038 atau KD = 0,82 menunjukkan bahwa 82% etos kerja guru ditentukan oleh efektifitas kepemimpinan kepala sekolah, selebihnya ditentukan oleh faktor lain. Persamaan regresi 3 = 29,662+0,573X2 mengindikasikan bahwa jika profesionaltas guru bertambah satu poin maka etos kerja guru akan mengalami peningkatan sebesar 0,573 pada konstanta 29,662. Pengujian hipotesis kedua, menunjukkan koefisien korelasi antara efektifitas kepemimpinan kepala ekolah dengan profesionalitas guru sebesar 0,928 atau KD = 0,85 menunjukkan bahwa 85% profesionalitas guru ditentukan oleh efektifitas kepemimpinan kepala sekolah, selebihnya ditentukan oleh faktor lain. Persamaan regresi 3 = -49,505+1,517 mengindikasikan bahwa jika efektifitas kepemimpinan bertambah satu poin maka profesionaltas guru akan mengalami peningkatan sebesar 1,517 pada konstanta -49,505. Dengan demikian bahwa pengaruh efektifitas kepemimpinan kepala sekolah dan profesionalitas guru terhadap etos kerja terbukti.